fbpx
Connect with us

Pariwisata

Mengintip Beragam Pesona Parangendhog, Pantai di Ujung Barat Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Purwosari,(pidjar.com)–Nama Pantai Parang Endog nampaknya belum begitu familiar di telinga wisatawan. Ataupun jika misalnya pernah mendengar dan berkunjung ke pantai ini, wisatawan mengira jika pantai yang sangat eksotis ini merupakan obyek wisata yang terletak di Kabupaten Bantul. Padahal sebenarnya, pantai ini secara administratif merupakan obyek wisata milik Gunungkidul.

Pekan ini, Pidjar.com akan sedikit mengulas pantai Parangendog yang berada di Kecamatan Purwosari ini. Yaa, pantai Parang Endog merupakan salah satu obyek wisata yang dapat menjadi pilihan wisatawan untuk bermain air laut sembari bercengkerama dengan keluarga atau teman-teman. Pantai yang berada di garis paling barat Gunungkidul ini memang menawarkan panorama yang sangat eksotis saat sore hari menjelang matahari tenggelam.

Pantai ini sangatlah berdekatan Pdengan antai Parangtritis yang menjadi idola wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Bantul. Tak jarang memang, wisatawan mengira jika pantai ini merupakan milik Kabupaten Bantul. Secara karakteristik pun pantai Parang Endog tak jauh berbeda dengan Pantai Parangtritis. Maklum saja, kedua pantai ini masih satu garis tanpa ada pembatas.

Pasir hitam pun menyelimuti bibir pantai ini. Di bagian sebelah timur terdapat tebing karang yang menjulang tinggi ditumbuhi pepohonan nan rimbun. Beberapa tanaman khas pesisir pun juga tumbuh subur di kawasan wisata ini. Parang Endog berada di titik terbawah Gunungkidul bagian barat.

Berita Lainnya  Hamparan Pasir Putih dan Tebing Menjulang Tinggi Jadi Suguhan Indah Pantai Karang Telu

“Awalnya ndak tau kalau pantai ini (Parang Endog) adalah pantai milik Gunungkidul. Setelah baca di tugu perbatasan paling barat, lah baru tau kalau pantai ini merupakan pantai milik Gunungkidul. Layaknya di pantai pada umumnya, udara segar hembusan angin seolah membuat tubuh jadi relax,” ucap salah satu pengunjung pantai Parang Endog, Rista.

Ada beragam aktifitas yang dapat dilakukan di pantai ini. Menikmati panorama matahari tenggelam merupakan salah satu tujuan dari wisatawan berkunjung ke Pantai Parangendhog. Menikmati indahnya langit yang semula terang berubah perlahan menjadi gelap, dan matahari yang berangsur tenggelam ditemani dengan suara deburan ombak yang cukup tenang. Melalui kamera pribadi, di spot ini akan didapatkan gambar indah.

Tak hanya itu, ombak yang cukup tenang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berenang. Belum lagi lokasi ini juga sering menjadi favorit para pemancing untuk menyalurkan hobi mereka. Di pantai ini, ada beragam biota laut mulai dari ikan, karang hingga rumput laut. Biasanya mereka sering memancing kemudian memasaknya di lokasi sembari berbaur dengan alam terbuka.

Berita Lainnya  Pariwisata Gunungkidul Berangsur-angsur Mulai Pulih Pasca Bencana

“Kalau yang mau lebih ekstrem lagi dan lebih indah bisa juga melihat pemadangan dari Bukit Parang Endog atau Paralayang Watu Gupit. Dari atas sungguh pemandangan luar biasa indahnya, bisa melihat samar aktifitas wisatawan di pantai, luasnya lautan dan nampak jelas sunsetnya,” tambah dia.

Sedikit tips saja, jika berkunjung ke Pantai Parang Endog perbekalan pun harus benar siap. Kemudian sandal atau pengaman kaki pun juga wajib. Karena ada banyak bebatuan karang yang tajam. Jika salah injak saja, maka kaki pengunjung bisa terluka. Tak perlu khawatir dengan warung atau toilet karena berdekatan langsung dengan pantai Parangtritis yang memiliki nama besar keluar dari pantai ini pun cukup ramai. Mulai dari penjual makanan, pakaian hingga aksesoris lainnya.

“Ndak terlalu ramai, jalanannya pun cukup mudah. Untuk rute sendiri gampang kok asal tau arah ke Parangtritis juga pasti sampai,” imbuh dia.

Sedikit cerita dari masyarakat, nama Parang Endog sendiri muncul lantaran bentuk bebatuan besar yang ada di sekitar pantai menyerupai bentuk telur. Dari sini, kemudian masyarakat sekitar dulunya menyebut pantai ini sebagai pantai Parang Endog.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler