fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menikmati Pesona Pantai Dadap Ayam Serasa Pantai Pribadi

Diterbitkan

pada tanggal

Saptosari,(pidjar.com)–Membahas obyek wisata khususnya pantai di Gunungkidul tidak ada habisnya. Garis pantai yang mencapai 72 kilometer dari ujung barat hingga timur menyuguhkan kawasan pantai yang mempesona, terlebih pantai-pantai yang belum dijamah wisatawan banyak. Salah satunya Pantai Dadap Ayam yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, pantai ini akan memanjakan mata pengunjung dan cocok untuk melepaskan segala penat.

Pantai Dadap Ayam berdekatan dengan Pantai Ngobaran, Torohudan dan beberapa pantai yang berada di kawasan ini. Beberapa pantai lain telah memiliki nama besar dan diminati oleh wisatawan. Tapi tidak untuk pantai Dadap Ayam, pantai ini belum begitu banyak dikunjungi. Posisinya sangat terpencil sehingga aksesnya pun agak sulit.

Untuk sampai di pantai ini, pengunjung hanya bisa berjalan kaki melewati jalan setapak yang telah dibuat warga. Pengunjung tetap disarankan mengikuti jalanan tersebut hingga akhirnya sampai pada celah rerimbunan pohon pandan laut dan pohon. Ini seringkali dianggap sebagai pintu gerbang Pantai Dadap Ayam.

Suara deburan ombak dan angin yang berhembus kencang berbau khas pantai seolab menyambut para pengunjung. Hamparan pasir putih dan batuan karang yang selimuti hijaunya tumbuhan laut semakin mempercantik pemandangan yang ada.

Berita Lainnya  Bendungan Beton Indah, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan

Pemandangan yang didominasi oleh batu karang di dasar laut ini menjamin pengunjung tidak menyesal atas perjalanan ditempuh. Jika ingin bermain air dan berenang pengunjung tetap harus berhati-hati karena licin dan ombak yang datang tidaklah menentu.

“Bibir pantainya tidak terlalu luas, asyik untuk bermain,” kata Arum, salah seorang pengunjung pantai ini.

Berkunjung ke pantai Dadap Ayam layaknya berkunjung ke pantai pribadi lantaran masih sangat sepi dan belum banyak pengunjung yang datang. Aktifitas pun juga terbatas hanya ada satu dua orang warga yang sekedar melintas di pantai ini.

“Indah, asri dan alami. Cocok sih kalau buat merefresh pikiran yang penat. Setahu saya sering ada yang camping disini kalau akhir pekan,” tambahnya.

Informasi dari masyarakat, asal mula pantai ini diberi nama Dadap Ayam karena erat kaitannya dengan nama tumbuhan obat yang banyak ditemukan di pinggir pantai. Sehingga tak heran jika namanya mungkin bagi sebagian orang tak begitu lazim untuk sebuah pantai.  Kawasan pantai ini pun juga merupakan kawasan produksi garam. Ada kelompok petani setempat yang mengolah garam fi pantai Dadap Ayam.

Berita Lainnya  Virus Corona Merebak, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurun Hingga 70%

Berkunjung ke pantai Dadap Ayam bisa juga mampir ke beberapa pantai lain. Jaraknya berdekatan, hanya 700 meter, bahkan paling jauh sekitar 5 kilometer.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler