fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tahap Akhir Persiapan Penerapan e-Ticketing Retribusi Pantai Selatan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus melakukan persiapan akhir dalam penerapan e-tiketing penjualan tiket masuk ke kawasan pantai selatan. Salah satunya yakni dengan diberikannya bimbingan teknis bagi para petugas penjaga Tempat Pemungutan Retribusi (TPR).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kelik Yuniantoro menjelaskan, pemerintah sendiri memang sangat serius dalam menerapkan konsep e-ticketing retribusi di pantai selatan. Sejumlah persiapan yang dilakukan oleh lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus dikebut dalam mewajudkan wacana tersebut. Untuk Diskominfo sendiri, diberikan tugas untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Kelik menyebut bahwa secara teknis, program ini sudah siap direalisasikan meski masih memerlukan sejumlah penyesuaian.

“Kami (Kominfo) memiliki tugas untuk menyiapkan infrastruktur dan aplikasi. Sekarang sebenarnya sudah bisa dilaksanakan karena memang sudah siap dari kami,” terang Kelik, Jumat (28/02/2020).

Ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan belum diterapkannya program ini lantaran masih perlu adanya bimbingan teknis untuk penjaga TPR. Bimbingan ini sendiri sangat dibutuhkan guna mengetahui kesiapan para petugas agar lebih lancar dalam pelayanan.

Berita Lainnya  Terkendala Anggaran, Baru Segelintir Kawasan Pantai Yang Telah Berhasil Digarap Pemerintah

“Nantinya ada dua sistem yang berlaku. Ada yang sistem e-tiketing dan ada yang manual,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono memaparkan, bimbingan untuk penerapan program baru ini sangatlah dibutuhkan. Sekarang ini, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah. Pasalnya nanti dalam penerapannya juga akan berpengaruh pada target capaian pendapatan asli daerah (PAD).

“Memang masih belum diterapkan. Masih ada beberapa persiapan yang kami lakukan,” ujar dia.

“Koordinasi dengan lintas OPD tentu dilakukan karena ini saling berkesinambungan,” tambahnya.

Dengan adanya gagasan program penerapan ini diharapkan mampu menaikkan pendapatan asli daerah. Setiap tahunnya pendapatan ini terus mengalami peningkatan. Kerjasama dengan bank pun telah dilakukan dalam penerapan e-tiketing tersebut.

Berita Lainnya  Lama Rusak, Jalan Jogja-Wonosari Akhirnya Akan Segera Dapat Perbaikan Besar-besaran

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler