fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mobil PCR Hadiah Kapolri, Hasil Tes Kini Bisa Diketahui Dalam Hitungan Jam

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Sebagai tindak lanjut dari kunjungan Kapolri dan Panglima TNI di Gunungkidul beberapa waktu lalu, kini Gunungkidul telah mempunyai kendaraan khusus untuk melakukan tes PCR kepada masyarakat. Dengan adanya kendaraan tersebut, jangkauan pemeriksaan akan lebih luas dan waktu yang diperlukan untuk mengetahui hasilnya pun tak akan selama dibandingkan sebelumnya. Kendaraan tersebut kini masih berada di Polres Gunungkidul dan dalam waktu dekat ini akan segera dioperasikan.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, mengungkapkan, selama ini kendala penanganan covid19 terletak pada luasnya wilayah Gunungkidul dan kontur geografisnya yang berbukit-bukit. Sehingga kemudian, diperlukan layanan yang mobile yang bisa menjangkau seluruh masyarakat. Mobil PCR tersebut merupakan penepatan janji dari Kapolri yang beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke Gunungkidul bersama Panglima TNI. Selama ini, proses pemeriksaan uji lab tes PCR masih mengandalkan laboratorium yang berada di Yogyakarta.

“Saat ada kunjungan dari Kapolri dan Panglima TNI itu, Bupati menyampaikan kendala yang dialami di Gunungkidul selama penanganan covid19 dan kemudian langsung ditindaklanjuti,” ucap Adhitya, Selasa (12/10/2021).

Jarak antara Gunungkidul dan laboratorium di Yogyakarta yang cukup jauh, serta antrian yang cukup banyak dari daerah lainnya, menjadikan hasil pemeriksaan swab PCR baru dapat diketahui setelah berselang 3 sampai 4 hari sejak pengambilan sampel. Namun kemudian dengan adanya kendaraan khusus untuk tes PCR ini, proses pemeriksaan dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, waktu untuk mengetahui hasil dari pemeriksaan uji sampel juga jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Diperkirakan dengan adanya mobil PCR tersebut, untuk mengetahui hasil tes, hanya diperlukan waktu sekitar 3 sampai 4 jam saja sudah dapat diketahui hasilnya. Dengan kecepatan semacam ini, maka diharapkan, penanganan covid19 di Gunungkidul bisa semakin maksimal.

“Adanya mobil PCR akan membuat penanganan lebih optimal dan efisien,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, menyambut baik dengan adanya kendaraan khusus PCR di Gunungkidul ini. Ia menyampaikan jika saat ini pandemi covid19 di Gunungkidul masih berlangsung yang dibarengi dengan mulai dilonggarkannya sejumlah aktifitas masyarakat. Pihaknya kini masih melakukan testing dan tracing sebagai upaya untuk mengendalikan penularan covid19.

“Dengan adanya testing dan tracing tentunya kita membutuhkan pemeriksaan lab yaitu PCR. Keberadaan mobil PCR kita sudah melihat di Polres Gunungkidul, ini tentu sangat menjanjikan bagi kita untuk mempercepat mengambil tindakan jika ada kasus,” ungkap Dewi.

Selama ini pihaknya dalam melakukan pemeriksaan uji sampel selalu ke Yogyakarta. Sehingga dengan adanya mobil PCR ini, menurutnya dapat membantu mempercepat upaya testing dan tracing ynag akan dilakukan.

“Tindak lanjutnya tentu nanti ada perjanjian kerjasama antara Polres dan Dinas Kesehatan atau fasilitas kesehatan yang nanti diberi tanggung jawab,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler