fbpx
Connect with us

Sosial

Negosiasi Alot, Warga Siyono Wetan Tolak Rencana Penggunaan Gedung PDHI Jadi Lokasi Isolasi

Diterbitkan

pada tanggal

Playen,(pidjar.com)–Pemerintah berencana untuk menggunakan gedung pertemuan PDHI yang terletak di Padukuhan Siyono Wetan, Desa Logandeng, Kecamatan Playen sebagai lokasi karantina untuk warga yang hasil rapid testnya positif. Namun begitu, rencana ini mendapatkan penolakan dari sejumlah warga. Warga menyebut salah satu alasan utama penolakan itu adalah alasan kesehatan di mana mereka khawatir tertular virus. Saat ini, Tim Gugus Tugas Covid 19 Gunungkidul tengah melaksanakan pendekatan dengan warga agar nantinya tidak timbul gejolak apabila gedung itu benar0benar digunakan untuk lokasi isolasi.

Suara penolakan sendiri muncul pada hari pertama rapat koordinasi anatara tim gugus tugas dengan warga. Dalam rapat bersama Forkompimda yang dipimpin Wakil Bupati Immawan Wahyudi, sejumlah Ketua RT menolak rencana pemerintah itu.

Kepala Desa Logandeng, Suhardi mengakui adanya penolakan dari sebagian warganya, terutama yang tinggal berdekatan dengan gedung PDHI apabila kemudian digunakan untuk lokasi isolasi. Dari Pemerintah Desa Logandeng sebetulnya medukung penuh langkah tim gugus tugas covid19 Gunungkidul dalam mengantisipasi corona. Namun demikian ia mengaku, untuk nantinya keputusan tetap diserahkan kepada warga dengan harapan jangan sampai di kemudian hari terdapat masalah.

“Pertemuan pertama tanggal 2 Mei 2020 kemarin di rumah dinas Wakil Bupati, saya bawa sekalian perwakilan warga,” ucap Suhardi, Senin (04/05/2020).

Ia mengatakan, proses penggunaan Gedung PDHI sebagai lokasi karantina sendiri masih dalam pembahasan. Tim gugus tugas covid19 masih akan menggelar pertemuan lanjutan dengan warga khususnya untuk membahas penolakan.

“Memang yang dikhawatirkan warga di dekat sana banyak lansia dan balita yang rentan apabila terpapar,” jelasnya.

Dengan demikian tim gugus tugas bersama warga akan melaksanakan pertemuan kembali untuk mencari solusi. Namun pada intinya, pihaknya mendukung langkah tim gugus tugas terlebih berhubungan dengan kemanusiaan.

“Akan dirembuk lagi nanti malam,” imbuh Hardi.

Terpisah Ketua Gugus Tugas Covid19, Immawan Wahyudi menuturkan, pihaknya telah melakukan pengecekan di gedung PDHI sejak beberapa waktu lalu. Secara terbuka dan rendah hati, Immawan meminta kesediaan masyarakat sekitar untuk mengizinkan gedung PDHI digunakan sebagai lokasi isolasi.

“Kami harap masyarakat berkenan menerima permohonan Pemkab, mari bersama-sama melawan korona,” tandasnya.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler