fbpx
Connect with us

Sosial

Nelayan Baron Panen Raya Ikan Tongkol Hitam

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Aktivitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Baron sejak beberapa waktu terakhir ini ramai oleh kegiatan para nelayan maupun penjual ikan. Setiap dinihari, di TPI tersebut berjubel berton-ton ikan hasil tangkapan nelayan. Para nelayan memang tengah mengalami panen raya ikan dari hasil melaut setiap malamnya. Hasil tangkapan para nelayan Pantai Baron memang cukup fantastis, yakni mencapai 5 ton dalam waktu satu malam saja.

Petugas TPI Pantai Baron, Wasiman menjelaskan, sejak beberapa hari terakhir, para nelayan di Pantai Baron memang mendapatkan hasil tangkapan yang cukup besar. Seperti pada Minggu (24/11/2019) malam lalu, dari sekitar 32 armada kapal yang melaut, mereka total mampu mendapatkan ikan hingga mencapai 5 ton.

Berita Lainnya  Kecelakaan Libatkan Pelajar Makin Marak, Dinas Mulai Turun Tangan

“Tangkapan yang dihasilkan sebagian besar adalah ikan tongkol hitam,” ujar Wasiman, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, panen raya ikan semacam ini sudah mulai dirasakan para nelayan sejak satu bulan terakhir. Namun demikian, untuk jenis ikan tongkol hitam yang ditangkap oleh nelayan, baru melimpah dalam dua malam terakhir.

“Harga yang kami jual bervariasi untuk yang berkualitas bagus sekitar Rp 10ribu per kilogram, sementara yang sortiran Rp 5ribu per kilogram,” imbuh dia.

Hasil tangkapan tersebut, lanjut Wasiman, akan diborong oleh pengepul dan pedagang. Dengan rincian 80% pengepul dan 20% pedagang eceran maupun rumah makan.

“Harga yang kami jual untuk pemborong dam pedagang sama,” ucap Wasiman.

Sementara itu, salah seorang nelayan, Sarno mengaku cukup berbahagia dengan panen raya ikan yang saat ini terjadi. Pada Minggu lalu, ia berangkat melaut pada pukul 18.00 WIB. Di tengah lautan, ia berburu ikan hingga sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Setiap melaut ketika musim ikan tongkol hitam, setiap malam ia hampir mendaparkan 1 kuintal.

Berita Lainnya  Sejumlah Obyek Wisata Rusak dan Dua Harus Ditutup, Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Turun Pasca Banjir

“Ini dapat sekitar 1,5 kuintal hanya dalam 2 malam saja,” beber Sarno.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler