fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pamsimas Ratusan Juta Akan Dibangun di 6 Titik

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Upaya untuk mengentaskan kekeringan terus dilakukan pemerintah kabupaten hingga tingkat pusat. Salah satunya adalah dengan program Penyedia Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang setiap thaunnya selalu menyasar daerah-daerah. Tahun 2023 ini, Kabupaten Gunungkidul mengusulkan ada 6 lokasi yang tersasar bantuan dengan anggaran ratusan juta per unitnya ini.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Gunungkidul, Muhammad Fajar Nugroho mengatakan, Kabupaten Gunungkidul mengusulkan 6 lokasi yang dapat mengakses program PAMSIMAS 2023 dengan anggaran dari pusat (APBN). Adapun lokasinya di Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen; Kalurahan Tegalrejo, dan Serut Kapanewon Gedangsari; Kalurahan Kampung, Kapanewon Ngawen; Kalurahan Bendung, Kapanewon Semin; dan Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk.

Berita Lainnya  Gunungkidul Panen Penghargaan Dalam Ajang Top BUMD Award 2018

“Lokasi tersebut adalah usulan dari Pemkab Gunungkidul, saat ini kami sedang menunggu penetapan dari Kementerian PUPR,” ucap Muhammad Fajar Nugroho, Jumat (13/01/2023).

Anggaran yang dibutuhkan masing-masing lokasi adalah 400 juta rupiah untuk membangun unit penyedia air bersih ini. Tentunya nanti ditambah dengan inkind dan incash dari masyarakat maupun pemerintah kalurahan. Sembari menunggu proses dari pemerintah pusat, belum lama ini tim dari kabupaten melakukan survei lapangan.

Survei atau pengecekan ini meliputi kondisi sumber mata air di lokasi penempatan menara reservoir dan rumah warga yang menjadi calon keluarga penerima manfaat. Kemudian kelengkapan dokumen administrasi di masing-masing kalurahan serta beberapa hal lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Nanang Irawanto mengatakan tahun 2023 ini ada 6 kalurahan yang diusulkan menjadi penerima program PAMSIMAS dengan rincian 2 kalurahan baru dan 4 kalurahan pasca. Untuk mendapatkan program ini menurutnya ada kriteria khusus yakni ada sumber air bersih sendiri bukan area layanan PDAM.

Berita Lainnya  Pemudik yang Datang ke Gunungkidul Sebelum Masa Pelarangan Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

“Sampai tahun 2022 kemarin sudah ada 70 kalurahan yang tersasar bantuan PAMSIMAS dari pemerintah,” ucap Nanang Irawanto.

Dijelaskan dari 144 kalurahan yang ada di Kabupaten Gunungkidul tidak semuanya akan tersasar bantuan ini. Dari 70 yang telah berdiri unit ini memang dalam perjalanannya tidak berjalan mulus, ada beberapa yang membutuhkan perhatian khusus.

“95 persen berjalan baik dan 5 persen perlu ada pembinaan yang lebih intens,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler