fbpx
Connect with us

Sosial

Fenomena Kulminasi Buat Cuaca Panas Menyengat, Terjadi Hingga Seminggu ke Depan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan cuaca sejak beberapa hari terakhir yang sangat panas dan tidak seperti biasanya. Hawa panas ini dirasakan sejak siang hingga malam hari.

Menanggapi berbagai keluhan masyarakat mengenai panasnya cuaca belakangan ini, Kepala Stasiun Klimatologi Sleman BMKG DIY, Reni Kraningtyas mengatakan, suhu panas ini terjadi lantaran sejak tanggal 12 Oktober 2021 lalu terjadi kulminasi. Yang artinya adalah adanya sebuah fenomena matahari yang tepat berada di beberapa posisi tertinggi di langit atau tegak lurus dengan lintang pengamat.

Kondisi semacam ini masih akan terjadi hingga seminggu ke depan. Di mana pada siang hingga malam suhu terasa panas, bahkan saat jam 11.00 sampai 13.00 suhu panas akan mencapai puncaknya.

“Suhu udara naik sampai di 33 derajat celcius sedangkan kelembaban udara rendah berada di angka 40 sampai 50 persen,” kata Reni Kreningtyas, Sabtu (17/10/2021).

Reni menghimbau kepadamasyarakat yang tidak memiliki aktifitas terlalu banyak di luar rumah alangkah baiknya menggunakan pelindung surya untuk mengurangi sengatan matahari. Kemudian membawa membawa bekal minum bagi yang beraktifitas di luar ruangan untuk menghindari dehidrasi. Suhu panas dan gerah seperti ini memang cukup banyak membuat keringat keluar.

“Untuk informasi akan kami update terus. Masyarakat bisa melihat di situs dan media sosial milik BMKG,” tambah dia.

Kemudian untuk prakiraan gelombang laut sendiri tingginya berkisar 1,25 sampai 2,5 meter dan masuk dalam kategori sedang. Ia berharap situasi dan kondisi ini disikapi dengan baik oleh nelayan saat melakukan aktifitas melaut.

Sementara itu, salah seorang warga, Rama mengatakan beberapa hari terakhir memang cuaca saat siang hari terasa begitu panas sampai dengan malam hari. Ia bahkan sampai harus beberapa kali mandi dalam sehari untuk mensiasati gerahnya cuaca.

“Panas sekali. Sudah sore saja juga masih terang dan panas begitu pula malam hari juga panas,” kata dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler