fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Jalan-jalan Anyar, Bupati Prioritaskan Sektor Utara

Diterbitkan

pada

BDG

Ponjong,(pidjar.com)— Sejumlah ruas jalan kabupaten yang menjadi fokus pembangunan pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2022 ini telah selesai dikerjakan. Misalnya saja ruas jalan penghubung Kalurahan Tambakromo, Kapanewon Ponjong dengan Kalurahan Pundungsari, Kapanewon Semin yang telah selesai dibangun dan diresmikan langsung oleh Bupati Gunungkidul.

Jalan Tambakromo-Pundungsari ini merupakan jalan utama masyarakat untuk perekonomian, pendidikan dan lain sebagainya. Selama bertahun-tahun lamanya jalan tersebut dalam kondisi bebatuan, rusak dan sulit dilalui. Di bulan April 2022 lalu, Bupati bersama dengan OPD terkait melakukan peninjauan lokasi jalur prioritas pembangunan.

Tak berselang lama dari tinjauan yang dilakukan ini, proses pengerjaan oleh kontraktor kemudian dilakukan. Akhirnya, bulan Desember 2022 ini jalan sepanjang 4,7 km yang semula dalam kondisi rusak berat pun sekarang berubah menjadi jalur yang mulus. Masyarakat sisi utara dan timur inipun bisa menikmati jalanan yang kondisinya sangat bagus.

Berita Lainnya  Kelompok Jaga Warga, Penyelesai Konflik Sekaligus Agen Pembangunan di Tingkat Bawah

“Kalau kita bicara tentang jalan di Gunungkidul ini kan sangat panjang ada sekitar 1.150 km jalan berstatus milik Kabupaten. Tentu jalan sepanjang itu kondisinya beragam ada yang dalam kondisi mantap dan ada yang masih rusak. Kita inventarisir mana yang sekiranya menjadi prioritas,” ucap Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

“Salah satunya jalan Tambakromo-Semin ini, sepanjang 4,7 km sudah selesai dibangun. masyarakat sudah bisa merasakan memiliki jalan yang bagus,” imbuhnya.

Anggaran puluhan miliar digelontorkan oleh pemerintah kabupaten untuk melakukan perbaikan infrastruktur di Gunungkidul. Proyek pembangunan jalan menggunakan anggaran tahun 2022 sebagian besar telah selesai dikerjakan. Contoh lainnya adalah ruas jalan simpang empat Ngentak, Kalurahan Duwet sampai di simpang empat Jonge Kalurahan Pacarejo.

Berita Lainnya  Proses Investasi Taman Safari Panggang Jalan Terus, Pembangunan Diharapkan Dimulai Akhir 2020

Jalan sepanjang 3,55 km juga telah selesai dibangun oleh pemerintah kabupaten Gunungkidul dimana menelan anggaran 4,7 miliar rupiah. Dijelaskan tahun 2023 mendatang, sektor utara akan menjadi prioritas pembangunan jalan. Sehingga pembangunan infrastruktur di Gunungkidul merata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan data yang ada dari 1.150 km jalan berstatus kabupaten yang dalam kondisi baik dan sedang hanya 40 persennya. Sedangkan 60 persennya termasuk kategori rusak ringan dan rusak berat, pemerimtah berupaya melakukan pemetaan untuk menentukan skala prioritas pembangunan.

“Setiap tahun tentunya ada titik-titik yang menjadi prioritas pembangunan pemerintah. Jika menyeluruh diperbaiki anggaran yang dibutuhkan sangat besar, makanya dipetakan mana yang prioritas dan krusial,” ujar Irawan.

Selasa (20/12/2022) ini selain meresmikan Pamsimas di Padukuhan Parangan, Kalurahan Semin, Kapanewon Semin. Masyarakat di daerah ini pun bisa memanfaatkan air bersih melalui program tersebut.

Berita Lainnya  RSUD Wonosari Ditunjuk Jadi Salah Satu Rujukan Penanganan Virus Corona di DIY

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler