fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Penataan Alun-alun Wonosari, Anggaran 900 Juta Hingga Wacana Penebangan Dua Pohon Beringin

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana untuk melakukan penataan kawasan Alun-alun Wonosari atau menata ruang terbuka hijau di kawasan tersebut. Sejumlah tahapan sendiri telah dilaksanakan, tinggal menunggu hasil final dari konsultan dan penataan ruang terbuka hijau ini akan segera dilakukan di tahun 2022.

Yang cukup menarik, dalam kabar yang beredar, dalam penataan ini, pemerintah berencana akan menebang 2 pohon beringin ratusan tahun yang ada di tengah Alun-alun. Namun begitu, untuk hasil keputusan pasti dari rencana ini sendiri masih menunggu hasil final dari perencanaan yang saat ini tengah dalam proses.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Abdul Azis mengungkapkan, rencana menata ruang terbuka hijau di Alun-alun Wonosari sendiri telah digagas sejak lama. Adapun kemudian disepakati rencana tersebut direalisasikan di tahun 2022 ini dengan anggaran 900 juta rupiah. Saat ini, proyek penataan ini masih dalam proses pembuatan dokumen perencanaan yang dilakukan oleh konsultan.

Berita Lainnya  Skema Sektor Pariwisata Lumpuh Hingga Akhir Tahun, Kerugian Tembus Setengah Triliun

“Masih proses pembuatan dokumen perencanaan, setelah ini baru akan ada pemaparan dan diskusi bersama pimpinan,” papar Abdul Azis, Kamis (19/05/2022).

Pembangunan sendiri akan dimulai jika memang sudah final desain dan lainnya. Disinggung mengenai konsep penataan Alun-alun ini adalah untuk menyediakan kawasan terbuka bagi masyarakat dan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Namun kemudian, ketika disinggung untuk detail fasilitas apa saja yang akan tersedia, Abdul menyebut bahwa ia belum mengetahui secara pasti.

Pun demikian ketika dikonfirmasi perihal “nasib” dua beringin kurung dan sejumlah pepohonan langka yang saat ini tumbuh di kawasan alun-alun, Aziz menyebut bahwa pihaknya masih menunggu konsep yang disusun konsultan.

Walau demikian, menurut Abdul, Pohon Beringin dan pepohonan tersebut memiliki filosofi tersendiri. Sehingga hal ini yang harus dipertimbangkan oleh konsultan dan pemerintah. Untuk ke depannya setelah perencanaan selesai, akan segera dipresentasikan ke Bupati dan meminta pertimbangan.

Berita Lainnya  Embung Ratusan Juta Dibangun, Belasan Hektar Lahan Pertanian di Bakal Terairi

“2 beringin di depan itu kan ada filosofinya sendiri kemudian di sekitarnya ada pepohonan langka yang harus dilestarikan,” jelasnya.

Dimungkinkan minggu depan perencanaan dari konsultan telah selesai dan akan menjadi bahan diskusi pimpinan untuk mengambil kebijakan dan melanjutkan proses yang sudah ada.

Selain penataan Alun-alun Wonosari senilai 900 juta, Pemkab Gunungkidul juga berencana akan membangun Ruang Terbuka Hijau di kawasan Patuk dan Nglipar dengan nilai anggaran masing-masing 3,7 miliar dan 800 juta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler