fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pohon Bertumbangan Akibat Angin Kencang, Jalan Semin-Karangmojo Sempat Lumpuh

Published

on

Semin,(pidjar.com)–Bencana alam berupa puting beliung terjadi di wilayah Kecamatan Semin, tepatnya di wilayah Desa Kalitekuk pada Selasa (13/03/2019) sore tadi. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang melintang ke jalan. Batang-batang pohon yang tumbang ini bahkan sempat menyebabkan arus lalu lintas lumpuh total.

Kasi Humas Polsek Semin, Aiptu Sukasno menjelaskan, bencana alam puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 15.15 WIB. Satu jam sebelumnya, wilayah tersebut sempat diguyur hujan dengan intensitas yang cukup lebat.

“Setelah hujan lebat itu kemudian angin kencang atau puting beliung menerjang wilayah Desa Kalitekuk,” kata Sukasno, Selasa malam.

Ia mengatakan, akibat kejadian tersebut sejumlah pohon yang berada di tepi jalan tumbang melintang menutup ruas jalan. Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Semin dan Karangmojo tidak bisa dilewati.

“Ada dua lokasi, pertama pohon jati yang roboh terletak di deket jembatan Kalialang, Desa Kalitekuk, Kecamatan Semin, posisi pohon melintang yg mengakibatkan Jl. Semin-Karangmojo tidak bisa dilewati. Lokasi kedua Pohon Sambi yang roboh terletak di Alas Baon, Padukuhan Gebang, Desa Kalitekuk, posisi pohon melintang juga menutupi Jl. Semin – Karangmojo,” terang dia.

Ia menambahkan, bencana alam yang terjadi sore tadi itu tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun demikian kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

“Kerugian sekitar Rp 5 juta,” kata dia.

Sementara itu, Kades Kalitekuk, Tri Sutrisno mengatakan, merespon kejadian tersebut warga berinisiatif membantu kinerja pihak kepolisian untuk melakukan evakuasi terhadap pohon yang melintang itu. Selang beberapa jam meski dengan peralatan seadanya, batang-batang pohon yang menghalangi jalan tersebut bisa dievakuasi sehingga arus lalu lintas kembali normal.

“Jam setengah 5 tadi pohon yang tumbang sudah terkondisi (dievakuasi). Arus lalu lintas kembali lancar,” kata dia.

Sampai saat ini pihaknya juga masih melakukan monitoring terkait adanya dampak puting beliung di wilayah lain. Namun hingga Selasa petang, tercatat hanya dua kejadian tersebut.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler