fbpx
Connect with us

Peristiwa

Polisi Grebek Pabrik Pupuk Granul Diduga Ilegal

Published

on

Ponjong,(pidjar.com)–Pabrik pupuk jenis granul yang diduga ilegal yang beroperasi di wilayah Kecamatan Ponjong, digerebek petugas kepolisian pada Rabu (26/02/2020) siang kemarin. Ada 3 tempat dioperasi oleh penegak hukum dan saat ini telah dipasang garis polisi di masing-masing bangunan pabrik.

Informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber pabrik granul atau pabrik pupuk diduga ilegal itu beroperasi di tiga titik di wilayah Ponjong. Siang tadi petugas melakukan pergerakan di kecamatan tersebut. Dua pabrik yang digrebek petugas merupakan pabrik yang terletak di jalan umum Semanu-Bedoyo. Salah satunya yakni terletak di Padukuhan Gunungkrambil, Desa Sidorejo dan satu lagi berada di titik yang berjarak sekitar 1 km.

Dari situ petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dan menghentikan para pekerja yang tengah beraktifitas di pabrik itu. Nampak sejumlah peralatan, karung-karung dan kendaraan jenis truk.

Berita Lainnya  Usai Disembelih, Sapi dari Jokowi Dibagi ke Ratusan Warga di Sejumlah Kecamatan

“Ini pabrik granul (pupuk) belum lama beroperasi di sini. Usahanya ndak berijin (ilegal). Sejak jam 11 tadi petugas disini,” terang salah seorang warga Gunungkrambil yang enggan disebutkan namanya.

“Pemiliknya bukan orang sini. Dari luar kok, ndak begitu paham saya,” tambahnya

Pantauan di lokasi, ada sejumlah mobil polisi yang terparkir di area pabrik itu. Sejumlah masyarakat pun juga berkumpul menyaksikan aktifitas polisi melakukan pemeriksaan di titik tersebut. Garis polisi pun dibentangkan agar tidak ada masysrakat yang mendekat.

Sempat ada beberapa pengguna jalan yang terhenti untuk melihat dan mencari informasi di sekitar lokasi. Beberapa petugas pun ada juga yang melakukan penyisiran dititik kedua yang jaraknya sekitar 1 km.

Berita Lainnya  Ini Data Kerusakan Sementara Puting Beliung Playen, Rusak Belasan Rumah, 1 Ambruk

Di Gunungkrambil, sejumlah petugas dari Polsek Ponjong, Kabagops Polres Gunungkidul, anggota Provos Polres Gunungkidul dan Bhabinkamtimas setempat yang mengitari dan mencari informasi atas pabrik itu.

Kabagops polres Gunungkidul, Kompol Sunarto menerangkan jika operasi tersebut dilakukan oleh Polres Klaten. Dari Polsek dan Polres Gunungkidul hanya membantu backup sementsra saat proses penggrebekan. Pihaknya pun tak bisa berkomentar banyak mengenai penggrebekan tersebut.

“Dari Klaten, tadi minta untuk backup. Sementara belum bisa memberi keterangan lebih,” ucap Kompol Sunarto saat ditemui di lokasi.

Sementara itu kepala desa Sidorejo, Sidik membenarkan jika diwilayahnya ada pabrik pupuk yang beroperasi. Namun demikian, dirinya tidak mengetahui ada berapa titik pabrik itu berdiri.

“Belum lama beroperasi di wilayah kami. Untuk jumlahnya berapa saya kurang paham,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler