fbpx
Connect with us

Sosial

Program Sambungan Rumah Untuk MBR PDAM, Cukup Bayar 400.000 Dan Jaminan Air Mengalir Lancar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani Gunungkidul terus mengembangkan Sambungan Rumah (SR) agar bisa menjangkau seluruh masyarakat. Saat ini, PDAM Tirta Handayani bahkan membuat program khusus bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Masyarakat dari kalangan ini cukup membayar biaya pemasangan sebesar Rp 400 ribu nantinya bisa segera menikmati kemudahan layanan air bersih.

Direktur Umum PDAM Tirta Handayani, Sulistyo Ari Wibowo menerangkan, untuk program menyasar MBR ini, pihaknya telah mempersiapkan kuota sebanyak 1.700 Sambungan Rumah. Namun begitu, program ini masih terbatas kepada masyarakat yang tinggal di Kapanewon Semanu, Karangmojo, Ponjong, Wonosari, Nglipar dan Playen. Warga yang tertarik dengan program ini bisa segera mengurus permohonan SR ke kantor unit PDAM Tirta Handayani terdekat.

“Tapi syaratnya rumah tersebut harus berpenghuni, jadi bukan rumah kosong,” kata Sulis, Senin (13/09/2021).

Sulis menambahkan, masyarakat yang mengajukan permohonan nantinya juga akan mendapatkan paket pipa sepanjang 12 meter. Ia menambahkan bahwa program ini benar-benar telah siap melayani masyarakat. Pihaknya menjamin akan terus ada aliran air setiap hari ke rumah-rumah pelanggan.

“Wilayah tersebut memang merupakan wilayah zona hijau, jadi sangat memungkinkan dan dipastikan bisa kami aliri air setiap hari,” terang dia.

Selain diperuntukkan khusus untuk rumah berpenghuni, pihaknya juga memberlakukan persyaratan untuk pemohon program ini hanya memiliki daya listrik maksimal 900 VA. Syarat ini sengaja dipilih agar nantinya program pemasaran SR yang sangat ringan ini bisa menyasar kalangan yang sesuai dengan bidikan awal.

Persyaratannya sendiri cukup mudah, yaitu warga pemohon hanya cukup menyertakan dokumen fotocapy KTP dalam pendaftarannya. Nantinya dari petugas PDAM akan melakukan survei dan ditindaklanjut dengan instalasi jaringan.

“Layanan langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” bebernya.

Program ini sendiri merupakan bentuk komitmen perbaikan pelayanan kepada para pelanggan. Ke depan, harapannya, akses air bersih untuk warga Gunungkidul bisa semakin mudah dan tentunya murah.

“Kami akan terus melakukan perbaikan pelayanan, pengangkatan air bawah tanah juga semakin maksimal. Mudah-mudahan masyarakat secara luas bisa segera menerima manfaat air bersih,” tandas Sulis.

Sebagai bahan evaluasi juga pelayanan, Sulis meminta peran aktif masyarakat. Salah satunya adalah proaktif melaporkan keluhan jika ada ketersendatan dalam layanan aliran air. Adapun laporan sendiri bisa melalui seluruh media sosial yang dimiliki oleh PDAM Tirta Handayani.

“Laporannya pasti akan segera ditangani, jika ada yang alirannya keruh atau mati silahkan langsung hubungi kami. Terus dukung kami berubah menjadi lebih baik,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler