fbpx
Connect with us

Pendidikan

Puluhan Dosen UMY Lolos Sertifikasi Microsoft Certified Educator (MCE) Berskala Internasional

Diterbitkan

pada

BDG

 

Jogja (pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Revolusi Industri 5.0 memberikan inovasi besar pada bidang pendidikan. Misalnya penyediaan akses pendidikan yang lebih mudah dan fleksibel berbasis IT.

Memanfaatkan kemajuan teknologi itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sangat konsen dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusianya (SDM), diantaranya memberikan pelatihan untuk dosen dengan sertifikasi yang berbasis IT. Sebanyak 53 Dosen pun mengikuti pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Microsoft Certified Educator (MCE) berskala Internasional yang telah diselenggarakan pada Senin dan Selasa (6-7/5/2024) di Laboratorium Komputer Gedung AR Fachruddin B Lt.2 UMY.

Microsoft Certified Educator (MCE) merupakan sertifikasi internasional pendidik yang dikeluarkan oleh Microsoft. Tes ini menguji dan menyertifikasi kompetensi pendidik dalam mendesain pembelajaran abad ke-21. Program ini tergolong baru dan Microsoft menyelenggarakan kegiatan sertifikasi kompetensi pendidikan ini untuk peningkatan kompetensi dosen, seperti penguasaan Information and Communication of Technology (ICT), desain pembelajaran, dan teknologi pembelajaran berbasis IT.
Wakil Rektor UMY Bidang SDM, Nano Prawoto mengatakan, tercatat 53 dosen lolos tersertifikasi MCE. Hal ini membuktikan bahwa dosen UMY dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik. Rencananya UMY akan melanjutkan kembali program tersebut di semester depan.

“Sertifikasi kompetensi MCE ini menjadi kebutuhan bagi dosen terutama di abad ke 21. Dengan kelulusan 53 dosen ini menunjukkan bahwa UMY memang universitas yang memiliki SDM unggul dan adaptif serta concern dalam meningkatkan kapasitas dosen terutama dengan berbasis IT,” katanya, Jum’at (10/5/2024).

Berita Lainnya  Dapat Kuota 50%, Baru Puluhan Warga Gunungkidul Yang Mendaftar ke UNY Pada Gelombang Pertama

Sementara Kepala Lembaga Pengembangan dan Karir Sumber Daya Manusia (LPKSDM) UMY, Adhianty Nurjanah menambahkan, terdapat enam kompetensi desain pembelajaran yang diujikan dan disertifikasi. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi mendesain pembelajaran berbasis collaboration, skilled communication, knowledge construction, self-regulation, real world problem solving and innovation, and use of ICT for learning. Sebelum mengikuti tes, peserta juga mendapatkan training selama satu setengah hari. Tes MCE ini berlangsung selama 1 jam dengan 40 soal berupa case study kasus pembelajaran.

“Dalam training itu disampaikan beberapa contoh kasus yang berkaitan dengan kompetensi abad ke 21. Misalnya, perkembangan teknologi pembelajaran, desain pembelajaran, ICT. Ini merupakan bukti konkret bahwa UMY sangat concern dan memiliki perhatian yang tinggi terhadap pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM di bidang IT,” imbuh Adhianty.

Berita Lainnya  MI Negeri 8 Semanu Manfaatkan HT dalam BDR

Adhianty menyebut, pada 7 Februari 2024 yang lalu, UMY juga telah melatih dan menyertifikasi 40 Tenaga Kependidikan (Tendik) di bidang IT dan dinyatakan lulus tersertifikasi kompetensi operator komputer muda. Melalui pelatihan itu, iharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta dan bisa lebih aware terhadap teknologi di bidang pendidikan.

“Kami pihak kampus akan selalu mengupayakan pelatihan-pelatihan bagi para dosen dan tendik yang ada di UMY, sebagai upaya ikhtiar dalam mengoptimalkan Sumber Daya Manusia di kampus kami,” pungkasnya.
(Ken).

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler