fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Puluhan Tenaga Kerja Gunungkidul Segera Berangkat Merantau ke Luar Negeri

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pandemi covid19 yang terjadi selama 2 tahun terakhir belakangan ini mulai melandai. Kondisi ini mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencari pekerjaan di luar daerah bahkan luar negeri. Tahun ini misalnya, Gunungkidul akan segera memberangkatkan 30 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) ke berbagai negara di belahan dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Kelik Yuniantoro. Menurutnya, tahun ini peluang bekerja di luar negeri kembali dibuka oleh sejumlah perusahaan. Adapun minat masyarakat Gunungkidul untuk bekerja di luar negeri pun juga masih lumayan tinggi.

Terbukti, sampai akhir Juni ini tercatat ada 30 warga yang telah mengurus berkas seperti visa, paspor dan lainnya. Kemudian siap diberangkatkan keluar negeri oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Berita Lainnya  Putusan Kasus Pencabulan Oleh ASN Dianggap Terlalu Ringan, Aktifis Anak Desak Kejaksaan Ajukan Banding

“Negara tujuan mereka beragam, ada yang di wilayah Asia Tenggara, Jepang, Taiwan bahkan ada yang ke Eropa,” papar Kelik, Selasa (05/07/2022).

Berkaitan dengan pekerjaan, biasanya diarahkan dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan resmi atau pabrik. Sehingga keamanan, keselamatan, dan kesejahteraan mereka dapat terjamin dan dipertanggungjawabkan. Pemerintah sendiri setelah pekerja ini diberangkatkan oleh pihak yang berwenang akan tetap melakukan pemantauan.

“Komunikasi nantinya tetap terjalin untuk memastikan bagaimana kondisi dan perkembangannya,” jelas dia.

Disinggung mengenai keberangkatan, Kelik mengatakan belum mengetahui secara pasti kapan calon-calon pekerja dengan tujuan luar negeri ini akan diberangkatkan. Sebeb untuk pengurusan berkas dan segala sesuatunya membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan lamanya.

Berita Lainnya  Sensus Penduduk Online, Tingkat Partisipasi Masyarakat Gunungkidul 121% Dari Target

“Belum tahu kapan. Pandemi 2 tahun ini memang sempat tidak ada pengiriman pekerja ke luar negeri, baru mulai lagi tahun 2022 ini karena pandemi mulai melandai dan sejumlah kebijakan mulai diterapkan,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Asih Wulandari menambahkan, minat tenaga kerja Gunungkidul untuk merantau hingga ke luar negeri memang masih banyak. Beberapa negara besar memang menjadi tujuan utama para calon pekerja tersebut.

“Tahun ini bahkan ada yang ke Eropa,” ujarnya.

Tentunya mereka yang hendak bekerja ke luar negeri harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh perusahaan. Mulai memiliki keterampilan, fasih berbahasa Internasional serta memiliki kemampuan berbahasa sesuai dengan daerah tujuan. Persaingan dan seleksinya pun cukup ketat.

Berita Lainnya  Harapan Polwan Gunungkidul Suatu Saat Bisa Jadi Kapolsek

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler