fbpx
Connect with us

Peristiwa

Puting Beliung Terjang Semanu dan Pacarejo, Puluhan Rumah Rusak

Diterbitkan

pada

Semanu,(pidjar.com)–Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kalurahan Semanu dan Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu pada Selasa (22/02/2022). Dampak dari angin kencang ini, rumah-rumah milik warga di dua titik tersebut porak poranda disapu angin. Data sementara, sedikitnya ada puluhan unit rumah yang rusak dengan berbagai kategori dari ringan, sedang, hingga berat.

Di Padukuhan Mijahan, Sambirejo misalnya, sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan yang sangat parah terutama pada bagian atap dan dindingnya. Bahkan, ada satu unit rumah milik warga yang roboh rata dengan tanah. Suasana di lokasi kejadian pasca angin kencang sendiri memang cukup mengerikan. Selain rumah-rumah rusak, pohon besar di pekarangan dan pinggir jalan juga bertumbangan.

Berita Lainnya  Enam Pemuda DItangkap Karena Pil Koplo, Tiga Jadi Tersangka

Salah seorang warga Sambirejo, Samijem mengungkapkan, sekitar jam 07.30 WIB pagi saat hujan tiba-tiba terdengar suara yang tak lazim. Suara gemuruh angin begitu kencang, ia juga mendengar suara pohon tumbang. Samijem yang sedang beraktifitas di dapur kemudian berlari keluar. Tak berselang lama, angin kencang menyapu rumahnya.

“Suaranya seperti pesawat ada di atas, gemuruh. Genting rumah saya langsung berterbangan dan rumah anak di depan langsung bresss roboh,” ucap dia, Selasa siang.

Rumah milik Samijem sendiri mengalami kerusakan cukup berat. Atapnya rusak dan dindingnya juga roboh. Kerugian diperkirakan hingga jutaan rupiah. Kerusakan lebih parah dialami oleh rumah anaknya yang bahkan rata dengan tanah.

Berita Lainnya  Pulang Dari Pasar Usai Belanja, Nenek Renta Tewas Tertabrak Motor

“Di sekitar sini anginnya tadi memang cukup parah. Ada beberapa rumah yang rusak berat,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi kejadian, saat ini warga bersama dengan relawan dan anggota Koramil sedang bahu membahu melakukan evakuasi dan kerjabakti.

Kondisi yang sangat parah juga terjadi di Padukuhan Kwangen, Kalurahan Pacarejo. Adapun sementara ini di lokasi ini, sekitar 8 rumah dilaporkan dalam kondisi rusak pada bagian atap dan porak poranda.

“Di padukuhan rumah saya ada sekitar 8 yang rusak saat angin kencang tadi,” kata Afif salah seorang warga.

Bhabinkamtibmas Semanu, Briptu Widya Pangestika mengungkapkan, di Padukuhan Sambirejo khususnya RT 08 dan 09 merupakan wilayah yang paling parah terdampak bencana angin kencang. Adapun yang roboh merupakan rumah milik Mujiyanto dengan kerugian 50 juta, saat ini petugas sedang melakukan pendataan dan penanganan.

Berita Lainnya  Pulang Nonton Karnaval, Bocah 9 Tahun Tewas Tenggelam di Aliran Kali Suci

“Kami masih dalam pendataan. Data sementara 51 unit rumah rusak akibat angin kencang yang terjadi,” tutup Widya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler