fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Refocusing Anggaran, Pembangunan RS Bedoyo Ditunda

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pembangunan gedung Rumah Sakit Bedoyo dan gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul nampaknya belum dapat dilanjutkan pada tahun 2021 ini. Pasalnya, plot anggaran saat ini turut direfocusing untuk penanganan pandemi.

Kepala Seksi Bangunan Gedung dan Tata Bangunan, Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Nanang Irawanto memaparkan, pemangkasan anggaran yang dilakukan oleh pemerintah berdampak pada tertundanya pembangunan fisik rumah sakit Bedoyo. Dimana sebelumnya rumah sakit di kawasan timur itu akan dilanjutkan tahun ini, karena tahun 2020 kemarin sempat tertunda.

Namun akibat refocusing yang dilakukan, pembangunan rumah sakit senilai 13 miliar tersebut urung dilakukan. Tentunya kebijakan ini diambil atas berbagai dasar dan pertimbangan.

Kemudian, berkaitan dengan pembangunan gedung BPBD di calon komplek perkantoran terpadu tetap dilanjutkan tahun ini. Hanya saja ada pengurangan pagu anggaran, yang semula tahun ini dianggarkan 4 miliar rupiah ada pengurangan 500 juta rupiah. Sehingga tahun ini, gedung BPBD di Kalurahan Siraman akan dilanjutkan dengan anggaran 3,5 miliar rupiah.

Tidak semua pembangunan fisik dihapuskan. Ada yang tetap jalan tapi anggarannya berkurang dari perencanaan sebelumnya,” ucap Nanang Irawanto.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tentang pembangunan gedung BPBD sekarang ini masih dalam proses review DED untuk mengakomodasi ruang Pusdalop. Adamya pengurangan anggaran tersebut tentunya juga berdampak pada target penyelesaian.

Gedung BPBD ini mulanya ditargetkan tahun 2020 selesai pembangunan. Akibat pandemi kemudian terhenti, ditargetkan ulang akhir 2021 selesai dan bisa digunakan oleh tim BPBD. Akan tetapi jika tidak cukup waktu tidak menutup kemungkinan baru akan selesai di tahun 2022 mendatang

Pengerasan halaman kemungkinan akan diselesaikan tahun 2022 mendatang. Tapi mudah-mudahan lah prosesnya ini cepat jadi bisa akhir tahun selesai dan beroperasional,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler