fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Rencana Pembangunan Pelabuhan Gesing, Pemerintah Rampungkan DED dan Masterplan

Diterbitkan

pada tanggal

Panggang,(pidjar.com)–Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berencana membangun sebuah pelabuhan di kawasan Pantai Gesing yang terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Mega proyek tersebut disebut-sebut akan menjadi titik tolak kejayaan dari perikanan Gunungkidul. Dengan adanya pelabuhan, nantinya diharapkan sektor perikanan laut bisa semakin maksimal. Potensi di DIY khususnya di pantai selatan Gunungkidul sendiri memang sangat besar dengan stok ikan yang sangatlah melimpah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Krisna Berlian menjelaskan, sebenarnya, rencana pembangunan pelabuhan Gesing ini telah dibicarakan sejak tahun 2019 lalu. Tahapan yang dilalui saat ini yakni masih dalam penyusunan masterplan dan detail engineering design (DED).

“Sudah ada kajian juga yang dilakukan oleh tim untuk penyesuaian kondisi,” kata Krisna Berlian, Rabu (11/03/2020).

Adapun menurutnya, sebelumnya, rencana pembangunan pelabuhan ini diplot di salah satu pantai di Bantul. Namun kemudian, dalam kajian lanjutan yang dilakukan, dinilai bahwa letak dan potensi lain dirasa kurang mendukung. Selanjutnya, digagas opsi-opsi lain sehingga kemudian yang paling masuk kriteria adalah Pantai Gesing.

Berita Lainnya  Tunggu Penerbitan SK Bupati, 4 Desa Ini Akan Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Pantai ini dianggap cocok menjadi pelabuhan lantaran memiliki pemecah ombak alami. Dengan adanya hal ini, maka kemudian tidak membutuhkan komponen lain. Selain itu, lokasinya juga sangat strategis dan para nelayan bisa mendarat dengan mudah.

Adapun pembangunan pelabuhan ini diharapkan mampu menjadi pengoptimalan potensi laut di Gunungkidul. Mengingat potensi yang ada di Bumi Handayani ini sangatlah melimpah. Harapan besar dari pemerintah, pelabuhan pantai Gesingn setidaknya mampu setara dengan pelabuhan di Pantai Sadeng yang menjadi penghasil tangkapan ikan terbesar di Gunungkidul.

Menanggapi rencana ini, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto menyatakan sangat mendukung keputusan pemerintah. Menurutnya, ada sejumlah hal yang akan membuat kerja para nelayan menjadi lebih mudah. Seperti misalnya lokasi di Pantai Gesing yang lebih mudah diakses ketimbang Pelabuhan Sadeng. Letaknya yang strategis berdekatan dengan Kabupaten Bantul dan JJLS akan menjadi kekuatan penunjang yang ke depan berperan sangat besar.

Berita Lainnya  Modernisasi Pertanian, Pemkab Bagikan Puluhan Peralatan Kepada Petani

“Selain pembangunan fisik ada sejumlah komponen yang mulai harus diperhatikan. Misalnya pelatihan bagi nelayan dan masyarakat setempat, juga bantuan alat untuk pengoptimalan hasil tangkapan. Jadi fisik dan pemberdayaan harus imbang,” kata dia.

Bappeda Gunungkidul pun juga merespon baik adanya wacana ini. Dengan adanya sejumlah gagasan pengembangan di kawasan selatan, khususnya Kecamatan Panggang, Pemkab juga akan melakukan penataan dari kawasan Pantai Panggang hingga ke arah Saptosari.

Penataan ini berkaitan dengan pengaturan dan konsep-konsep pembangunan. Sehingga tidak hanya wilayah timur saja yang wisatanya hidup, namun kawasan barat pun juga diperhatikan dalam pembangunannya.

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler