fbpx
Connect with us

Peristiwa

Residivis Diamuk Massa, Nyolong Tabung Gas Dijual Online

Diterbitkan

pada

BDG

Playen,(pidjar.com)– Pencurian tabung gas belakangan sering terjadi di Padukuhan Banaran IX, Kalurahan Banaran, Kapanewon Playen. Seperti halnya pada Selasa (03/10/2023) kemarin, salah seorang warga kembali kehilangan tabung gas melon. Geram dengan seringnya kejadian semacam itu, warga kemudian melakukan penyelidikan mandiri hingga akhirnya pada Rabu (04/10/2023) warga berhasil menangkap pelaku pencurian tersebut.

Kapolsek Playen, AKP Sigit Teja Sukmana mengungkapkan, Selasa (03/10/2023) sore pencurian tabung gas terjadi di rumah Satiyem (68). Saat itu, pemilik rumah pergi ke ladang untuk mencari pakan ternak, sepulang dari ladang ia mendapati pintu dapur sudah dalam kondisi terbuka. Berbalut rasa panik, lansia tersebut kemudian masuk dan mengecek dapurnya.

Berita Lainnya  Oleng Karena Pecah Ban, Mini Bus Terperosok ke Ladang

Ternyata tabung gas melon (3 kg) miliknya sudah tidak ada di dapur. Satiyem kemudian bercerita ke perangkat desa Banaran yang merupakan tetangganya. Dengan berbagai cara, akhirnya pelaku pencurian ini berhasil terdeteksi.

“Rabu pagi pelaku pencurian tabung gas yakni WA warga Kalurahan Banaran berhasil ditangkap oleh warga dan kemudian diserahkan ke Polsek Playen,” papar Kapolsek.

Adapun usai diamankan oleh warga dan diserahkan ke Polsek, pelaku kemudian langsung dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. WA juga telah mengakui perbuatannya tersebut.

“Iya mengakui perbuatannya dari hasil pemeriksaan dan pengembangan diketahui bahwa pelaku melakukan pencurian tabung gas sebanyak 7 kali dan pencurian kambing sebanyak 1 kali di wilayah Playen Gunungkidul,” jelasnya.

Berita Lainnya  Puluhan Wisatawan di Kawasan Pantai Selatan Gunungkidul Menjadi Korban Sengatan Ubur-Ubur

Proses hukum terhadap pria yang merupakan residivis ini pun terus berlanjut. WA disangkakan pasal 363 (1) ke-5 sub 362 ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

“Tetap lanjut untuk proses hukumnya. Kami juga menghimbau kepada warga Kapanewon Playen untuk tetap berhati-hati dan waspada, sebab kejahatan dapat terjadi sewaktu-waktu dan dimanapun,” imbuh AKP Sigit Teja Sukmana.

Sementara itu, Jogoboyo Kalurahan Banaran, Sujari mengatakan hampir satu bulan terakhir warganya sering kali kehilangan tabung gas. 2 minggu terakhir warganya pun mengintensifkan ronda malam untuk mengantisipasi pencurian tersebut. Selasa kemarin, pencurian tabung gas kembali terjadi. Sontak warga srmakin resah dan semakin geram dengan kejadian tersebut.

Hingga akhirnya sejumlah warga mendapatkan informasi bila ada orang yang sering menjual tabung gas melalui media sosial facebook. Beberapa kemudian mulai menggali informasi dan mencoba memesan terhadap terduga pelaku ini.

Berita Lainnya  Kotak Amal di Masjid Al Mu'min Dibobol Maling

“Rabu pagi ada yang bisa komunikasi dengan pria tersebu dan kemudian diajak COD. Pelaku kemudian diamankan oleh warga dan diserahkan ke Polsek Playen,” jelasnya.

Usai ditangkapnya pelaku, warga yang geram nyaris kalap menghajar WA namun kemudian berhasil dihentikan dan dibawa ke kantor polisi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler