fbpx
Connect with us

Peristiwa

Selama Tahun 2019, Sebanyak 114 Wisatawan Menjadi Korban Kecelakaan Laut, 14 Diantaranya Meninggal

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Keindahan pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul tidak bisa diragukan lagi. Garis pantai sepanjang 72 kilometer menyuguhkan pilihan pantai dengan beranekaragam pesonanya. Sebagai bukti daya tarik wisata pantai begitu kuat, ratusan ribu pengunjung tercatat di buku besar Dinas Pariwisata Gunungkidul pertahunnya.

Namun di sisi lain, ramainya wisatawan yang berkunjung juga menyebabkan sejumlah insiden berupa kecelakaan laut. Di Kabupaten Gunungkidul sendiri terdapat dua wilayah Tim SAR Linmas yang bertugas menyelamatkan pengunjung yang mengalami kecelakaan laut.

Koordinator wilayah 1 SAR Linmas Kabupaten Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara menyebut, selama tahun 2019, terdapat 9 kasus kecelakaan laut dengan melibatkan 20 korban di wilayahnya. Dari jumlah tersebut 16 korban dinyatakan selamat, sementara 4 korban dinyatakan meninggal dunia.

Berita Lainnya  Gantung Diri di Hari Pertama Tahun 2019, Nenek 90 Tahun Ditemukan Tewas di Rumahnya

“Kecelakaan yang terjadi di wilayah kami seluruhnya adalah laki-laki, beraneka ragam dari kecelakaan kapal hingga kecelakaan laut oleh wisatawan,” ucap Sunu, Kamis (02/01/2020).

Sementara itu, Sekretaris SAR Linmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan, di wilayahnya memang cukup padat pengunjung. Kasus kecelakaan laut selama tahun 2019 pun juga cukup banyak yakni terdapat 81 kasus kecelakaan laut. Dari jumlah tersebut melibatkan 109 korban.

“Dari data kami 98 korban selamat, 10 meninggal dan satu hilang,” beber Suris.

Menurutnya, dari 81 kasus kecelakaan tersebut didominasi akibat kelalaian pengunjung. Pihaknya pun tak henti-hentinya memberi imbauan melalui masing-masing Pos SAR dengan memggunakan pengeras suara namun tak diindahkan dari wisatawan.

Berita Lainnya  Tiga Pasangan Terciduk Saat Sedang Ngamar di Losmen, 1 Orang Kedapatan Bawa Obat Pencegah Kehamilan

“Kami selalu mengimbau, Pantai Selatan memiliki rip current di titik-titik tertentu, wisatawan harus patuh dengan imbauan kami baik melalui pengeras suara maupun papan papan di bibir pantai,” tandasnya.

Dengan demikian sepanjang tahun 2019, terdapat 90 kasus kecelakaan laut terjadi di Pantai Selatan. Sebanyak 114 korban selamat sementara 14 korban meninggal dunia dan 1 korban hingga kini dinyatakan hilang.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler