fbpx
Connect with us

Kriminal

Sempat Sekap Korbannya, Pencuri Nyaris Jadi Bulan-bulanan Warga

Diterbitkan

pada

BDG

Panggang,(pidjar.com)– Seorang warga Kapanewon Karangmojo berinisial AIT nyaris menjadi bulan-bulanan warga setelah melakukan aksi pencurian di Padukuhan Macanmati, Kalurahan Girimulyo, Kapanewon Panggang, Rabu (11/01/2023) malam. AIT berhasil diamankan Kamis (12/01/2023) pagi setelah kabur saat kepergok melancarkan aksinya bersama seorang rekannya.

Korban pencurian, Pandiyo (60), menceritakan, sebelum melakukan pencurian, kedua terduga pelaku mendatangi rumahnya pada Senin (09/01/2023) dengan berpura-pura menawarkan rumah dan tanah yang berada di daerah Borobudur. Kedua terduga pelaku juga bertanya kepada korban tentang aktivitas pengajiannya di Pondok Pesantren Darush Sholihin.

Ia pun mengaku merasa curiga lantaran ada orang yang datang tiba-tiba menanyakan aktivitasnya sehari-hari. Karena merasa curiga, ia memutuskan untuk tinggal di rumah guna berjaga-jaga.

“Yang berangkat (pengajian) hanya istri saya, saya menunggu di kandang sapi depan rumah,” ujarnya.

Kecurigaannya akhirnya terjawab. Sekitar pukul 19.30 WIB, ada dua orang berboncengan menggunakan sepeda motor Yamaha Mio nopol AB 6244 LW yang datang ke rumahnya dan langsung menuju ke pintu bagian belakang rumah. Kecurigaannya semakin bertambah ketika mendengar suara seperti congkelan pintu tidak berselang lama setelah kedatangan kedua terduga pelaku. Dirinya kemudian memutuskan untuk masuk ke dalam rumah. Saat ia masuk, kedua terduga pelaku sudah berada di dalam rumah sedang mencongkel pintu lemari dan kandang burungya.

Dirinya mencoba menggagalkan aksi pencurian itu, dirinya coba mengambil balik kayu di sampingnya dan mencoba memukul pelaku. Namun tidak berhasil karena dirinya disekap oleh seorang terduga pelaku.

“Saya disekap oleh satu orang, satu orang lainnya melakukan pencurian. Begitu bisa meloloskan diri saya terus teriak minta tolong,” jelasnya.

Mendengar teriakan Pandiyo, warga sekitar kemudian berdatangan. Merasa panik, kedua terduga pelaku lari meninggalkan sepeda motornya. Warga dan personil Polsek Panggang kemudian menyisir beberapa lokasi untuk mencari keberadaan kedua terduga pelaku pencurian. Salah seorang terduga pelaku, AIT warga Kapanewon Karangmojo berhasil diamankan Kamis (12/01/2023) pagi tadi saat tengah bersembunyi di bukit sebelah utara rumah korban.

“Saya juga menemukan linggis yang digunakan pelaku, kalau yang hilang itu uang Rp. 600 ribu dan burung koci kalau dijual juga sekitar Rp. 600 ribu,” ucap Pandiyo.

Pelaku kemudian digelandang ke Polsek Panggang untuk menghindari amukan massa. Dari pengakuan pelaku, diketahui ia melakukan aksinya bersama rekannya berisinisial SMD yang merupakan warga Kapanewon Ponjong.

Kasi Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya aksi pencurian tersebut. Saat ini, kepolisian masih melakukan pencarian terhadap seorang terduga pelaku yang melarikan diri.

“Satu pelaku yang kabur masih dalam proses pencarian,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler