fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Sempat Tersendat, Bantuan Ratusan Laptop Senilai Belasan Miliar Akhirnya Rampung

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Sebanyak 49 Sekolah Dasar telah menerima bantuan ratusan laptop untuk memaksimalkan pembelajaran berbasis Teknologi dan Informasi. Bantuan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus Dinas Pendidikan Gunungkidul pada tahun 2021 lalu senilai belasan miliar. Setiap Sekolah Dasar sendiri menerima sebanyak 29 chromebook beserta peralatan penunjang lainnya dengan anggaran mencapai Rp. 220 juta untuk masing-masing sekolah.

Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Taufik Aminudin, menyampaikan, program bantuan pengadaan alat Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut telah selesai dilaksanakan pada bulan November 2021 lalu. Masing-masing sekolah sendiri mendapatkan jatah 29 unit Chromebook, 2 unit Wireless Router, 1 unit Projector, 1 unit Printer, 1 unit Connector, 1 unit Scanner, dan 1 unit layar proyektor.

Berita Lainnya  Rencana Subsidi Bantuan Minyak Goreng Rp 300.000, Siapa Saja Yang Dapat?

“Sudah tersalurkan semua kalau tidak salah ingat sekitar tanggal 18 November 2021 lalu pengiriman terakhirnya,” ucap dia, Selasa (04/01/2022).

Sebelumnya dalam penyalurannya, Taufik mengakui memang sempat terjadi kendala di mana baterai chromebook memiliki kualitas jelek. Sehingga kemudian penyedia harus meminta perpanjangan waktu untuk pengirimannya. Namun kendala tersebut dapat teratasi dan paket bantuan TIK dapat disalurkan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Sudah selesai,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala SDN Karangrejek 2, Ari Murdaningsih, mengungkapkan, bantuan pengadaan Chromebook beserta alat penunjang lainnya telah pihaknya terima pada bulan November lalu. Ia menyampaikan dengan adanya bantuan itu, dapat memaksimalkan pembelajaran ataupun assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang setiap tahunnya dilaksanakan.

Berita Lainnya  Dampak Merebaknya Anthraks, Pembatasan Lalu Lintas Ternak Hingga Menurunnya Permintaan Daging

“Sudah sampai dan sudah diaktivasi untuk digunakan, ya bantuan ini bisa dimanfaatkan siswa ya untuk belajar tentang teknologi dan informasi apalagi sekarang kan jamannya teknologi. Pelaksanaan ANBK juga bisa lebih cepat selesai. Biasanya kan harus nunggu karena alatnya terbatas,” jelasnya.

Operator SDN Gedangan 1 Karangmojo, Ida Rohani, menambahkan, bantuan paket TIK telah ia terima tanggal 19 November 2021 lalu. Ia menyampaikan jika peralatan tersebut saat ini berada di rumahnya. Hal ini dikarenakan fasilitas gedung di sekolah yang sedang dibangun dan untuk mengantisipasi adanya pencurian. Adanya bantuan paket TIK menurutnya sangat membantu pihaknya dalam mengembangkan pembelajaran siswa ke depannya.

“Kalau datangnya ada empat kali pengiriman kalau tidak salah, tapi semua alatnya sekarang sudah diterima,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler