fbpx
Connect with us

Pemerintahan

September, BPS Lakukan Sensus Penduduk Door to Door

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan akan melanjutkan sensus penduduk pada awal September 2020 mendatang. Sensus penduduk ini dilakukan secara langsung atau door to door dengan sasaran mereka yang belum melakukan sensus online pada periode sebelumnya.

Kepala BPS Gunungkidul, Sumarwiyanto mengatakan, tahapan rekutmen petugas sensus sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Sesuai dengan arahan pusat, untuk sensus secara langsung akan dimulai 1 September mendatang. Saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, sensus kali ini sedikit berbeda dibandingkan dengan sensus pada 10 tahun silam.

Di tengah pandemi seperti sekarang, petugas diminta lebih mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Mental di lapangan pun juga harus benar-benar dikuatkan mengingat ada beragam karakter nantinya yang ditemui.

Berita Lainnya  Pemkab Gunungkidul Lipat Gandakan Anggaran Untuk Dropping Air

“Kita sudah lakukan rekrutmen petugas sensus 57 koordinator kapanewon dan 721 petugas sensus,” kata Sumarwiyanto, Sabtu (22/08/2020).

Dari petugas tersebut mayoritas bertugas di wilayah Kalurahan masing-masing. Namun ada juga yang ditugaskan di lintas kalurahan dengan berbagai pertimbangan, mulai jarak tempuh maupun jumlah petugasnya. Persiapan yang dilakukan, tanggal 26 dan 27 Agustus mendatang akan dilakukan rapid test bagi petugas.

“Untuk mengetahui kondisinya bagaimana sebelum mereka terjun ke lapangan maka kami ambil rapid test dulu,” imbuh dia.

Kemudian pada tanggal 28-31 dilakukan distribusi perlengkapan dan peralatan untuk munjang penerapan protokol. Saat mendatangi rumah ke rumah petugas diwajibkan disiplin menggunakan masker, jaga jarak dan menggunakan handsanitizer atau pun cuci tangan.

Berita Lainnya  Sejumlah Perangkat Sempat Terjerat, Begini Tips Kades Anyar Banjarejo Berantas Korupsi

Ada sedikit perubahan tata kelola dalam pelaksanaan sensus langsung ini. Untuk outputnya mengalami perunahan mulai status kependudukan de jure de facto, kepemilikan NIK, dan lainnya.

“Untuk responnya sendiri mudah-mudahan bagus. Saya mohon kerjasama masyarakat dalam pencatatan data kependudukan ini. Sementara kemarin sensus online itu capaiannya juga bagus,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler