fbpx
Connect with us

Politik

Siap-siap, Perang Baliho Antar Kandidat Capres Bakal Terjadi di Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Perang baliho antar tokoh partai politik telah terjadi di sejumlah daerah. Sejumlah baliho bergambar Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartanto, Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar serta Ketua DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menghiasi space-space publik di sejumlah kota. Maraknya pemasangan baliho tokoh-tokoh politik ini sendiri sangat berkaitan dengan Pilpres 2024 mendatang.

Dalam waktu dekat ini, perang baliho semacam ini akan menghiasi Kabupaten Gunungkidul. Para kader daerah tengah bersiap untuk memasang baliho-baliho bergambar tokoh-tokoh tersebut di sejumlah spot di Gunungkidul. Saat ini, yang telah terpantau terpasang adalah baliho Puan Maharani dan Airlangga Hartanto.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengakui adanya pemasangan baliho bergambar Puan Maharani di sejumlah titik Gunungkidul. Menurut Endah, baliho-baliho tersebut dipasang oleh para anggota DPR RI Fraksi PDIP yang berasal dari Dapil DIY. Tak hanya di Gunungkidul, para anggota DPR RI tersebut juga memasang baliho Puan Maharani di seluruh DIY.

“Pemasangan baliho ini memang serentak dilaksanakan oleh seluruh anggota DPR RI Fraksi PDIP sesuai dengan dapil masing-masing. Kalau di Gunungkidul ada 3 yang dipasang,” beber Endah, Sabtu (07/08/2021).

Menurut Endah, pemasangan baliho ini merupakan ranah dari Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP. Pemasangan baliho sendiri telah disepakati oleh para anggota Fraksi PDIP DPR RI saat dilakukan rapat fraksi. Ditambahkannya, sesuai dengan kesepakatan, baliho diharuskan dipasang berbentuk billboard atau papan reklame yang berbayar sehingga tidak mengganggu keindahan.

“Kita di DPC hanya sekedar mengetahui saja,” lanjutnya.

Ketua DPRD Gunungkidul ini menyebut, kader di daerah justru sama sekali tidak diperkenankan untuk mengurusi strategi pemenangan PDIP melalui pemasangan baliho ini. Kader di daerah mendapatkan perintah khusus dari DPP untuk bersama-sama terlibat secara aktif dalam penanggulangan dampak covid19 di daerah masing-masing sesuai dengan kewenangannya. Misalnya saja kader yang kebetulan menjadi anggota DPRD diwajibkan untuk bekerja sesuai dengan kewajibannya dalam mengawal kebijakan daerah. Sementara para pengurus partai diperintahkan terlibat aktif dalam aksi sosial di masyarakat.

“Kader di daerah diperintahkan untuk gotong royong dengan tenaga, pikiran dan waktu untuk menolong sesama. Fokusnya di situ,” urai dia.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho memaparkan, di Gunungkidul sendiri telah terpasang baliho bergambar Airlangga Hartanto. Menurutnya, pemasangan baliho ini dilakukan oleh DPD Golkar DIY. Namun begitu, sesuai dengan arahan partai, ke depan pihaknya merencanakan akan memasang baliho semacam ini di beberapa titik.

“Ini sedang dalam proses,” terang Heri.

Namun begitu, pihaknya juga akan lebih mengedepankan kerja sosial selama masa pandemi ini. Salah satunya adalah, DPD Golkar Gunungkidul memiliki program konkrit dalam hal memberikan bantuan kepada para pasien covid19 di Gunungkidul yang tengah menjalani isolasi mandiri. Bantuan ini sangat diperlukan mengingat sebagian besar pasien terkonfirmasi covid19 di Gunungkidul ini menjalani isolasi mandiri.

“Kita bantu memberikan bantuan makanan, sayuran hingga vitamin kepada mereka. Selain itu, kami juga menerjunkan beberapa relawan pemulasaraan jenazah,” sambung pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Gunungkidul ini.

Hal serupa juga akan segera dilakukan oleh DPC PKB Gunungkidul. Menurut Sekretaris DPC PKB Gunungkidul, Ngatiminarto, pihaknya tengah mempersiapkan pemasangan baliho bergambar Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar. Namun begitu, pemasangan baliho tersebut dilaksanakan oleh DPW PKB DIY.

“Baru hari ini dibahas di DPW PKB DIY sehingga belum sempat kita bahas di level DPC PKB Gunungkidul,” beber Ngatiminarto.

Sementara itu, Ketua Badan Pembinaan Organisasi dan Kaderisasi, DPC Demokrat Gunungkidul, Eko Rustanto memaparkan bahwa pihaknya tidak akan ikut-ikut memasang baliho bergambar Agus Harimurti Yudhoyono. Menurut Eko, hingga saat ini memang tidak ada perintah dari DPP Partai Demokrat berkaitan dengan hal tersebut.

“Kita fokus ke persoalan covid saja lah, tidak mikir baliho-balihonan,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler