fbpx
Connect with us

Politik

Tahap Sortir, KPU Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sejumlah logistik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2020 telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum. Sejak beberapa hari lalu, petugas mulai melakukan pelipatan surat suara. Dalam penyortiran, ditemukan ribuan surat suara yang rusak, nantinya surat suara tersebut akan dimusnahkan agar tidak disalah gunakan.

Anggota KPU Gunungkidul, Rohmad Qomarudin mengatakan berdasarkan penyortiran yang dilakukan terdapat 1.683 lembar surat suara yang rusak dan tidak dapat digunakan. Menurutnya kerusakan mulai dari adanya bercak kotor pada surat suara, potongan yang tidak pres sisi, terlipat waktu pencetakan, dan lainnya.

“Tidak terlalu banyak kok yang rusak. Ini masih dalam tahap penyortiran,” ucap Rohmad Qomarudin, Jumat (27/11/2020).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, surat suara yang mengalami kerusakan tersebut nantinya akan dimusnahkan agar tidak disalahgunakan. Adapun pelipatan surat ini ditargetkan rampung pada hari ini. Dimana total surat suara yang dilipat sebanyak 599.850 dan ditambah dengan 2,5 persen cadangan di masing-masing TPS.

“Nanti setelah selesai keseluruhan baru kita buatkan berita acara untuk pencetakan ulang oleh rekanan,” imbuh dia.

Adapun dalam tahapan ini dijaga ketat oleh pihak kepolisian. Selain surat suara sejumlah logistik lain juga telah diterima oleh pihak KPU seperti kota suara dari karton, alat bantu pencoblosan bagi penyandang tuna netra dan peralatan lain yang menunjang pelaksanaan Pilkada.

“Sudah kami terima semua, pengecekan berkala di tempat penyimpanan juga dilakukan. Kalau untuk alat pelindung diri (APD) 100 persen sudah siap kita juga sudah mulai distribusikan sebagian baru di set untuk diturunkan,” jelasnya.

Persiapan sendiri diupayakan semaksimal mungkin agar nantinya pelaksaan Pilkada 2020 berjalan dengan baik dan tidak terjadi kluster penyebaran covid-19. Protokol kesehatan diterapkan sejak awal hingga nanti tahapan satu persatu selesai dilakukan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler