fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tak Perlu Jauh-jauh Merantau, Lowongan Pekerjaan Puluhan Perusahaan Dalam Job Fair di Gedung Kesenian

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Kabar baik bagi kalangan angkatan kerja di Gunungkidul. Dalam rangka meningkatkan penyerapan tenaga kerja, Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Gunungkidul akan mengadakan Jobs Fair pada tanggal 24 hingga 26 Juni 2022 mendatang. Sejumlah perusahaan yang beroperasi di Gunungkidul dan sekitarnya mengikuti acara job fair ini.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Gunungkidul, Asih Wulandari, mengatakan, penyelenggaraan Job Fair dilaksanakan atas kerjasama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK). Rencananya, Job Fair sendiri akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Wonosari pada 24 Juni hingga 26 Juni 2022 mendatang.

“Kalau tujuannya itu kan mau mempertemukan pencari kerja dan perusahaan secara langsung, agar pencari kerja bisa tahu apa saja lowongannya, cocoknya di mana,” ucapnya, Rabu (22/06/2022).

Ia menambahkan, secara khusus target peserta dalam Job Fair ialah pemuda yang baru lulus SMA ataupun SMK. Adapun upaya untuk memobilisasi peserta akan bekerjasama dengan BKK yang memiliki data siswa yang baru lulus ataupun alumni di setiap sekolah.

“Jadi BKK itu miliknya SMK yang mengelola lulusan ataupun alumni, biasanya punya daftar yang sudah bekerja atau belum,” imbuh Asih.

Dalam Job Fair yang akan dilaksanakan ini, rencananya akan diikuti oleh 20 perusahaan. Adapun perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Komitrando Wonosari, Heha Sky View, Heha Ocean View, Queen of South Hotel, PT Woonel, Bina Artha Ventura, AHASS 693, BPR BDE, Smartfren Telecom, Warung SS, PT Sritex, Setyawan Spooring, PT Pan Brother Boyolali, PT Busana Remaja Argacipta, Optik Diamond, PT Top and Top Apparel. PT Sukses Mandiri Utama, Alfamart, PT Haena Duta Cemerlang, PT Duta Wibawa Manda Putra. Perusahaan-perusahaan ini memang sebagian besar beroperasi di Gunungkidul dan sekitarnya. Sehingga nantinya para angkatan kerja di Gunungkidul tak perlu terlalu jauh dalam merantau.

Berita Lainnya  Dana Puluhan Miliar Rupiah Disiapkan untuk Rehab dan Bangun Gedung Penunjang Pendidikan di Gunungkidul

Asih sendiri berharap adanya Job Fair dalam menyerap tenaga kerja di Gunungkidul setelah terdampak pandemi yang cukup panjang.

“Kalau bisa ya tujuan akhirnya bisa bekerja untuk pencari kerja ini. Saat berlangsung juga rencananya akan kami batasi peserta yang masuk,” jelas dia.

Sementara itu, Staf Penempatan Tenaga Kerja, Bidang Tenaga Kerja, DPKUKMTK Gunungkidul Yoga, mengatakan jika kegiatan Job Fair ini bukanlah agenda tahunan. Menurutnya, penyelenggaraan Job Fair yang baru pertama kali setelah pandemi ini dapat membantu pencari kerja untuk memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan. Ia juga berharap pencari kerja dapat memanfaatkannya untuk mencari informasi dan lowongan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan.

“Setelah pandemi mungkin banyak terdampak sehingga kehilangan pekerjaan, Job Fair ini semoga membantu pencari kerja untuk bertemu dengan perusahaan dan mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler