fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tambah Edukasi, Pemerintah Dorong Pelajar Banyak Kunjungi Museum

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sejak beberapa waktu lalu pemerintah mewajibkan pada anak sekolah dan masyarakat umum untuk mengunjungi museum. Hal ini dimaksudkan untuk mengedukasi dan mengenalkan beragam peninggalan bersejarah serta budaya yang dimiliki oleh daerahnya.

Kepala Bidang Sejarah, Bahasa, Sastra dan Permuseuman, Kundha Kabudayan Gunungkidul, Sigit Pramudyanto mengungkapkan setiap tahunnya memang ada kegiatan yang mewajibkan untuk mengunjungi museum di wilayah DIY. Pasalnya banyak peninggalan bersejarah dan budaya yang perlu diketahui untuk menjadi pengetahuan.

“Tahun ini ada 2 kali angkatan dengan kuota terbatas mengingat masih dalam situasi pandemi,” ucap Sigit.

Menurutnya, selama ini tingkat kunjungan ke museum baik masyarakat umum dan pelajar masih agak minim. Sehingga untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan pengetahuan mengenai sejarah dan budaya pemerintah mengambil langkah wajib kunjungi museum.

“Setiap tahun ada program semacam ini,” sambungnya.

Sebenarnya pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga menggagas pembangunan museum di Bumi Handayani. Hanya saja rencana tersebut belum bisa teralisasi karna masih adanya sejumlah kendala, baik penganggaran maupun lainnya.

Adapun rencana pembangunan ini muncul karena kekayaan alam dan budaya di Gunungkidul sangatlah beragam sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Harapannya, dengan adanya museum di Bumi Handayani dapat mengedukasi masyarakat mengenai sejarah Gunungkidul dan sebagai salah satu pilihan wisata budaya dengan edukasi tinggi.

Selain wajib kunjungi museum, pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga mengedukasi dan memberikan wadah bagi generasi muda untuk lebih mengenal daerahnya. Pemerintah juga menggagas berbagai macam kegiatan berkaitan dengan sastra jawa dan bahasa jawa.

“Ya ini sangat penting berkaitan dengan sastra dan bahasa ini. Jangan sampai generasi muda tidak mengetahuinya,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler