fbpx
Connect with us

Peristiwa

Tebing Jalan Ambrol Nyaris Timbun Rumah Warga

Diterbitkan

pada

Gedangsari,(pidjar.com)–Sebuah rumah milik Budiyanto, warga Padukuhan Dawung, Kalurahan Serut, Kapanewon Gedangsari nyaris tertimbun longsor. Meski belum sempat menimbulkan kerusakan pada bangunan, namun dikhawatirkan rumah tersebut akan terdampak jika terjadi longsor susulan. Hingga Rabu (19/01/2022) siang tadi, warga masih bergotong royong mengevakuasi material tanah dan bebatuan dari tebing jalan yang ambrol tersebut.

Kapolsek Gedangsari, AKP Pudjijono mengatakan, insiden sendiri bermula ketika hujan dengan intensitasnya cukup tinggi yang terjadi sejak beberapa hari terakhir ini. Pada Rabu pagi tadi, warga setempat mendadak mendengar suara runtuh. Ketika dicek, tebing jalan yang tepat berada di atas rumah Budiyanto ambrol. Material longsor sendiri sempat mencapai bangunan belakang rumah.

Berita Lainnya  Pasien Positif Corona Sempat Jualan Makanan, 30 Orang Jalani Rapid Tes, 1 Reaktif

“Tadi sekitar pukul 06.30 terjadi tanah longsor di Padukuhan Dawung,” kata AKP Pudjijono, Rabu siang.

Pudjijono, tebing yang longsor bertinggi 4 meter dengan panjang 8 meter. Tebing yang merupakan bahu jalan tersebut tepat berada di atas pemukiman. Diduga, longsor terjadi karena tekstur batu yang sudah lapuk dan kemudian juga adanya intensitas hujan yang cukup deras.

Menurut Pudjijono, selain mengancam pemukiman, longsornya tebing ini juga membuat akses jalan Dawung terputus.

“Jalan sementara ditutup untuk kendaraan roda 4,” jelasnya.

Dalam insiden ini, tidak sampai menimbulkan korban maupun kerusakan bangunan. Meski di dalam rumah saat kejadian ada penghuninya, namun material longsor sendiri hanya mencapai bangunan belakang.

Berita Lainnya  Siang Bolong, Ratiyo Gantung Diri di Dapur Rumahnya

Meski begitu, Pudji menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada mengingat potensi longsor susulan di lokasi tersebut cukup tinggi. Terutama saat hujan tiba, warga diminta untuk bersiap-siap jika muncul kemungkinan longsor susulan. Selain di kawasan tersebut, Kapolsek juga memaparkan bahwa pihaknya terus melakukan monitoring. Hal ini lantaran, dengan kontur perbukitan, wilayah Gedangsari memang selama ini cukup rawan akan bencana tanah longsor.

“Tadi sejumlah warga langsung membantu membersihkan material tersebut,” ujar dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler