fbpx
Connect with us

Sosial

Tekan Mobilitas Masyarakat di Tengah Pandemi, Layanan SIM Keliling Blusukan ke Desa

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Layanan SIM Masuk Desa yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul tetap berjalan di tengah kondisi pandemi. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap dapat mengakses pelayanan perpanjang SIM di wilayah yang lebih terjangkau, sehingga mengurangi mobilitas yang agak jauh.

Baur SIM Satlantas Polres Gunungkidul, Aipda Totok mengatakan bahwa layanan perpanjang SIM masuk desa masih tetap berjalan dengan baik. Beberapa bulan terakhir, layanan ini telah aktif kembali untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan perpanjang SIM yang tidak harus ke Kota tepatnya Polres Gunungkidul.

Adapun pada bulan Januari ini, SIM masuk desa akan membuka layanan di Balai Kalurahan Grogol Paliyan pada Selasa 2 Februari 2021. Kemudian Kamis 4 Feburari 2021 akan membuka layanan Toserba Sambipitu, Kapanewon Patuk. Hari Jumat 5 Feburari layanan akan dibuka di Terminal Dhaksinarga Selang Wonosari.

“Untuk jam layanan sendiri dari jam 08.00 sampai dengan selesai,” ucap Aipda Totok.

Kemudian pada minggu selanjutnya Selasa 9 Februari 2021 akan dibuka layanan SIM Masuk Desa di Balai Kalurahan Nglipar, Kamis tanggal 11 Februari layanan akan dilakukan di Terminal Wonosari dan Jumat 12 Februari 2021 di Terminal Wonosari.

Pada minggu ketiga, layanan akan dibuka pada 16 Feburari di Balai Kalurahan Grogol, Kamis 18 Februari di Toserba Sambipitu, Kapanewon Patuk, dan Jumat 19 Februari di Terminal Wonosari. Minggu terakhir, Selasa 23 Februari dilakukan di Balai Kalurahan Nglipar, Kamis 25 Februari di Terminal Wonosari, dan Jumat 26 Februari di Terminal Wonosari.

Bagi masyarakat yang lokasinya terjangkau dapat melakukan layanan perpanjang SIM di titik tersebut tidak harus ke Polres Gunungkidul untuk mengaksesnya. Syarat dan ketentuan pada umumnya juga berlaku.

“Kalau pembuatan SIM baru tetap di unit layanan induk Polres Gunungkidul,” paparnya.

Baur STNK Satlantas Polres Gunungkidul, Aipda Wahyudihatmoko mengatakan, pandemi dan pembatasan kegiatan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pelayanan di Samsat Gunungkidul tetap dibuka. Untuk pembayaran pajak 1 tahunan dapat diakses di beberapa unit pelayanan yang telah disediakan dan bekerjasama dengan beberapa pihak lain.

“Yang buka layanan di Samsat Induk, Samsat Corner Bank BPD Panggang, Samsat Desa Semugih, Samsat Desa Kemiri, Samsat Desa Hargomulyo, dan Samsat online di Kapanewon Ngawen,” terang Aipda Wahyudihatmoko.

Sedangakan pelayanan di Samsat corner BPD Karangmojo, BPD Semin, BPD Paliyan, Bus Samsat Keliling dan di Toserba Sambipitu Patuk sementara tidak membuka layanan dari tanggal 12 sampai 25 Januari mendatang. Hal itu sesuai dengan instruksi Gubernur tentang pengetatan kegiatan masyarakat.

“Informasi bagi masyarakat denda pajak kendaraan sementara dihapuskan sesuai dengan kebijakan pemda DIY,” sambungnya.

Pelayanan yang dilakukan petugas tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan dan penyebaran covid 19.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler