fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Telan Dana 6 Miliar, Pasar Legundi Mulai Beroperasi

Diterbitkan

pada tanggal

Panggang,(pidjar.com)–Setelah melalui tahap pembangunan selama beberapa waktu terakhir, akhirnya pasar Legundi mulai beroprasi untuk kegiatan jual beli. Pasar yang terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang telah resmi dapat digunakan oleh para pedagang sejak Jumat (02/08/2019) kemarin. Setelah proses pembangunan menggunakan dana senilai kurang lebih 6 miliar dari pemerintah pusat, rencananya pasar ini kembali akan dilakukan pembangunan menggunakan dana APBD 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengungkapkan, Jumat kemarin, menjadi hari pertama para pedagang menggunakan lapak baru setelah rampung penggarapan. Beberapa fasilitas yang sekiranya lebih menunjang aktifitas jual beli para pedagang juga telah selesai dikerjakan.

“Ada beberapa fasilitas yang kami sediakan. Selain lebih rapi dan tertata, kesannya juga lebih enak dipandang. Salah satunya ada kios untuk keperluan perbankan juga yang kami sediakan di dalam,” terang Johan Eko Sudarto, Minggu (04/08/2019).

Kendati anggaran dana dari pusat untuk pembangunan telah selesai namun rencananya dari Pemkab Gunungkidul akan kembali melakukan pembangunan di pasar tersebut. Hal ini dilakukan dengan tujuan penyempurnaan bangunan dan melengkapi fasilitas lainnya. Untuk anggaran sendiri mantan Camat Ponjong tersebut belum dapat mengutarakan secara gamblang.

Berita Lainnya  Siap-siap.. Juli Mendatang, Pemerintah Bakal Buka Seleksi CPNS

“Ini sedang proses pengajuab melalui KUA PPAS APBD 2020. Untuk jumlahnya sendiri masih belum bisa kami utarakan menunggu APBD 2020 diketok terlebih dahulu,” tambah Johan Eko.

Dengan mulai difungsikannya Pasar Legundi setelah pembangunan ini diharapkan mampu memberikan ruang perbelanjaan secara tradisional kepada para pedagang dan masyarakat. Selain itu, segala sesuatunya jauh lebih mudah, tertata, terkondisikan dan lebih baik kembali. Para pedagang jauh merasa lebih terperhatikan oleh pemerintah dengan akses kemudan yang diberikan.

“Semua kami optimalkan. Mudah-mudahan dengan program kami ini aktifitas lebih meningkat dan roda perekonomian semakin maju,” imbuh dia.

Sebagaimana diketahui, tahun lalu pemerintah Gunungkidul mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan pasar Legundi. Tak tanggung-tanggung dana yang diberikan yakni sekitar 6 miliar dari Kemeterian Perdagangan melalui anggaran Tugas Pembantu.

Berita Lainnya  Dapat Jatah 35,3 Miliar, Dana Istimewa di Gunungkidul Belum Sepenuhnya Terserap

Dibangunnya pasar ini seain sesuai dengan perkembangan dan program penghidupan/revitalisasi pasar tradisional, juga disesuikan dengan kondisi perkembangan daerah. Pasar Legundi sendiri terletak di JJLS yang saat ini tengah berkembang, dengan demikian akan ada aktifitas padat di kawasan tersebut dan strategis.

Konsep pembangunan sendiri juga tergolong modern dan disesuaikan dengan beberapa hal lainnya. Beberapa waktu lalu, pada saat proses pengerjaan dari Anggota Dewan sendiri juga telah melakukan sidak atas konstruksi dan beberapa hal lainnya. Beberapa arahan baik dari dewan dan tim sendiri yang sekiranya kurang pas langsung dilakukan perbaikan.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler