fbpx
Connect with us

Uncategorized

Tertimpa Pohon Tumbang, Rumah Wardani Rata dengan Tanah

Published

on

Panggang,(pidjar.com)–Hujan deras yang terjadi siang tadi mengakibatkan sejumlah bencana di Kabupaten Gunungkidul. Siang tadi, sejumlah pohon tumbang hingga menimpa bangunan rumah milik warga yang mengakibatkan kerugian hingga jutaan rupiah. Tim BPBD dan relawan sampai dengan saat ini masih melakukan evakuasi dari dampak peristiwa yang terjadi.

Seperti yang terjadi di Padukuhan Jeruken, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang. Bangunan rumah lama milik Wardani (47) rusak bahkan rata dengan tanah akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Girisekar, Bripka Yayan mengungkapkan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Siang tadi hujan lebat terjadi disertai angin kencang, tiba-tiba sebuah pohon tumbang dan menimpa bangunan rumah belakang milik Wardani.

“Rumah belakang (bangunan lawas) yang digunakan untuk menyimpan hasil pertanian,” ucap Yayan.

Adapun setelah kejadian bangunan rumah itu rata dengan tanah. Diperkirakan kerugian mencapai 10 hingga 15 juta karena sejumlah barang dan hasil pertanian juga rusak.

“Hanya mengevakuasi ranting-ranting pohon ini saja, karena kondisi sekarang masih hujan. Besok baru dikerjabaktikan,” paparnya.

Tak hanya di Girisekar saja, kejadian serupa juga terjadi di Padukuhan Jamburejo, Kalurahan Sodo, Kapanewon Paliyan. Pohon tumbang terjadi mengakibatkan rumah milik Harjo Jami rusak dibagian teras dan atap. Di Kalurahan Karangduwt juga angin yang berhembus mengakibatkan srbuah pohon tumbang.

Di kawasan pantai Baron pohon besar tumbang menimpa 2 bangunan warung yang berada di lokasi tersebut. Kerusakan sendiri dibagian atap asbes dan meja yang tertimba runtuhan pohon.

Pendataan telah dilakukan oleh petugas baik dari kepolisian, relawan dan tim BPBD Gunungkidul. Pengkondisian tetap dilakukan, jika tidak memungkinkan akan dilanjutkan di hari berikutnya.

“Kami dari relawan bergerak ke beberapa TKP yang dilaporkan oleh warga. Sementara di sisi utara sejumlah wilayah ada kejadian, disisi barat juga ada, dan sisi selatan,”ujar Sulis, anggota Save Rescue Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler