fbpx
Connect with us

Sosial

Tinjau Pelaksanaan Vaksin, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Gunungkidul

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Program vaksinasi menjadi salah satu upaya pemerintah dalam memusnahkan pandemi covid19 yang sejak lebih dari 1,5 tahun terakhir ini menghantui masyarakat. Guna menyukseskan program ini, sejumlah instansi dilibatkan.

Sabtu (21/08/2021) siang tadi, dua jenderal bintang 4 berkunjung ke bumi Handayani. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto S.I.P dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo M.Si melakukan kunjungan kerja di Gunungkidul dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gunungkidul.

Rombongan tiba di Gunungkidul menggunakan helikopter yang didaratkan di kompleks Stadion Gelora Handayani Wonosari dan langsung menuju lokasi vaksinasi di GOR Siyono. Rombongan Panglima TNI dan Kapolri sendiri disambut oleh jajaran Forkompimda Pemkab Gunungkidul.

Serbuan vaksinasi kali ini disediakan sebanyak 3.000 dosis. Sebanyak 2000 dosis diantaranya dilaksanakan di GOR Siyono, 500 vaksin lainnya di Kapanewon Gedangsari, dan 500 vaksin sisanya dilaksanakan di Girimulyo. Dengan digencarkannya vaksinasi, tentunya target 70% jumlah penduduk di Gunungkidul bisa tervaksin diharapkan dapat segera terwujud. Pencapaian sasaran vaksinasi yang tinggi ini bwetujuan agar herd immunity di masyarakat Gunungkidul bisa tercapai. Sehingga nantinya, masyarakat bisa melaksanakan kegiatan seperti sedia kala sebelum pandemi terjadi.

Selain meninjau program serbuan vaksin, pada kesempatan ini, Panglima TNI dan Kapolri turut memberikan bantuan sosial sebanyak 2000 paket sembako yang diperuntukkan bagi masyarakat yang sangat terdampak dari adanya PPKM Darurat berlevel se Jawa-Bali yang sejak sebulan lebih ini diterapkan pemerintah. Pemberian bantuan tersebut diprioritaskan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Selain itu, peninjauan terhadap sarana tracing serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai petugas tracing juga dilakukan.

Sejumlah kendala dalam upaya tracing didapati dalam kunjungan tersebut. Seperti hasil PCR yang harus dikirimkan ke Yogyakarta untuk diteliti lebih lanjut yang tentunya memakan waktu untuk mengetahui hasil tes dari masyarakat. Dalam kesempatan ini, Jenderal Listyo Sigit akan mengupayakan adanya bantuan mobil khusus pengiriman PCR di Gunungkidul.

Secara terpisah, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, mengungkapkan jika vaksinasi merupakan hal penting dalam keberlangsungan kehidupan di masyarakat dalam masa pandemi seperti ini. Ia melaporkan jika capaian vaksinasi di Gunungkidul saat ini mencapai 39%. Jumlah ini menurut Wakil Bupati sudah sangat bagus dan mendekati target 70% masyarakat Gunungkidul yang disasar vaksin.

“Data terakhir yang kami dapatkan menyebut bahwasanya 90% pasien yang meninggal selama ini belum divaksin, kemudian sebanyak 2% pasien meninggal sudah divaksin satu kali, dan 1% pasien yang meninggal yang sudah divaksin dua kali”, ungkapnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler