fbpx
Connect with us

Sosial

Traktor Bantuan Pemerintah Untuk Petani Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Ngawen,(pidjar.com)– Sektor pertanian belakangan ini menjadi salah satu sektor yang diperhatikan oleh pemerintah dan menjadi skala prioritas pembangunan. Beberapa upaya terus dilakukan agar produksi hasil pertanian di Kabupaten Gunungkidul mengalami peningkatan dan lebih modern lagi. Salah satu yang dilakukan adalah dengan digelontornya bantuan alsintan oleh pemerintah dan melalui wakil rakyat.

Sebagaimana diketahui, sekitar 70 persen penduduk kabupaten Gunungkidul berprofesi sebagai petani. Hal itu menunjukkan bagaimana pentingnya penguatan di sektor pertanian sebagai sumber perekonomian warga dan daerah. Penguatan di sektor pertanian yang tengah diupayakan adalah dengan penyaluran peralatan pertanian dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai.

Belum lama ini misalnya, anggota DPRD Provinsi dari Partai Gerindra, Purwanto ST menyerahkan bantuan alsintan berupa hand traktor kepada kelompok tani yang berada di Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Ada dua kelompok tani yang mendapatkan bantuan alsintan dari aspirasi anggota DPRD provinsi ini, diantaranya yakni Kelompok Tani Sido Makmur Padukuhan Daguran Lor, Kalurahan Beji dan Kelompok Tani Tunas Harapan Padukuhan Beji, Kalurahan Beji, Kapanewon Beji.

Berita Lainnya  Merananya Kakek Ngadiyono, Hidup Dalam Kegelapan dan Kemiskinan di Hari Tuanya

“Minggu lalu kami serahkan 2 unit bantuan alsintan ke kelompok tani agar dapat dimanfaatkan dengan baik dalam mengolah lahan pertanian milik anggota kelompok tani dan warga umumnya,” ujar Purwanto ST saat dikonfirmasi, Senin (22/05/2023).

Menurutnya petani memiliki peranan vital dalam keberlangsungan kehidupan, khususnya dalam ketahanan pangan. Pemerintah baik kabupaten maupun provinsi memiliki kewajiban untuk menguatkan sektor pertanian.

“Tentu semua lini memiliki kewajiban dalam penguatan. Gunungkidul ini dikenal sebagai daerah penghasil padi serta palawija terbesar di DIY sehingga penting untuk pemerintah untuk memfasilitasi peralatan yang dibutuhkan oleh penduduknya. Disini, kami sebagai wakil rakyat juga berusaha menyampaikan aspirasi masyarakat agar dapat direalisasikan oleh pemerintah,” jelas dia.

Berita Lainnya  Ribuan Pohon Ditanam di Kalurahan Bendung, Warisan Alam Lestari Untuk Anak Cucu

Dalam penyerahan alsintan tersebut, Purwanto ST didampingi oleh Angga Sandy Farisma yang merupakan bakal calon legislatif dapil II Kabupaten Gunungkidul. Politikus muda ini juga menaruh perhatian penuh pada sektor pertanian di Bumi Handayani.

Dengan digelontornya bantuan alsintan untuk kelompok tani ini diharapkan dapat memaksimalkan pengolahan lahan dan produktivitas pertanian masyarakat Gunungkidul khususnya di wilayah Ngawen.

“Harapannya mempermudah dan meringankan pengolahan lahan, yang kedua meningkatkan hasil pangan untuk Gunungkidul,” ucap Angga.

Pemerintah DIY belum lama ini menyerahkan 33 unit alsintan untuk kelompok tani di Kabupaten Gunungkidul. Bantuan alsintan ini sendiri berasal dari APBD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan D.I. Yogyakarta dengan total mencapai Rp 709,5 juta untuk 33 unit traktor.

Berita Lainnya  Antisipasi Keributan Warga vs Suporter, Jelang Laga PSS Sleman Polisi Amankan Ketat Jalur Jogjo-Wonosari

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler