fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta Daun Kemuning Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tak hanya bagi kesehatan, tetapi juga kecantikan terutama perawatan kulit dan juga wajah. Daun kemuning terbukti sejak lama telah mendominasi obat tradisional yang ada di Indonesia. Kini daun kemuning kerap ditemukan sebagai campuran untuk obat sakit perut, obat sakit gigi, bahkan berbagai produk perawatan tubuh untuk wanita. Nah, apa saja khasiat daun kemuning yang bisa Anda nikmati? Simak beberapa ulasan singkatnya berikut ini.

Manfaat Daun Kemuning untuk Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing kerap menyerang ginjal sampai uretra. Penyakit ini bisa diatasi dengan meminum air rebusan dari daun kemuning. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus 5-7 lembar daun kemuning dan mengkonsumsinya secara teratur setiap pagi dan malam.

Khasiat Daun Kemuning untuk Mengobati Sakit Gigi

Secara turun-temurun, manfaat daun kemuning adalah sebagai obat sakit gigi. Kandungan yang terdapat pada daun dan batang kemuning bermanfaat meredakan nyeri yang dialami gusi bahkan ngilu pada saat minum es atau air hangat. Cara penggunaannya adalah dengan membakar kulit batang kemuning. Nantinya kulit batang akan mengeluarkan minyak yang dapat dioleskan langsung ke bagian gigi yang sakit. Cara kedua adalah mencampurkan minyak tadi dengan daun kemuning yang telah ditumbuk secara kasar, lalu oleskan ke bagian gigi.

Manfaat Daun Kemuning untuk Menurunkan Kolesterol

Berbagai cara dapat diupayakan untuk menurunkan kolesterol, mulai dari pola makan hingga berbagai suplemen. Salah satu manfaat daun kemuning adalah membantu menurunkan kolesterol adalah kemuning. Bagian daun kemuning memiliki manfaat untuk mengurangi kolesterol di dalam tubuh. Cara penggunaannya, cukup merebus air dengan 7 lembar daun kemuning. Apabila terasa hambar atau sedikit pahit, maka anda bisa mencampurkannya dengan sedikit gula batu.

Khasiat Daun Kemuning untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, Anda bisa mengkonsumsi daun ini. Kandungan senyawa di dalamnya membantu menghambat pertumbuhan enzim lipase pada pankreas, dengan cara memecah lemak sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh. Cara mengolahnya tak sulit, siapkan daun kemuning kering sebanyak 20 gram, lalu rebus dalam 4 gelas air hingga mendidih selama kurang lebih 5 menit. Tiriskan air rebusan tersebut dan dinginkan. Ramuan herbal sehat pun siap dinikmati. Minumlah 3 kali sehari sebelum makan.

Manfaat Daun Kemuning untuk Mengatasi Luka Terbuka

Tak hanya dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit dalam saja, daun kemuning juga bermanfaat sebagai obat luar, salah satunya adalah mengobati luka terbuka karena jatuh atau tergores. Caranya cukup mudah, anda cukup menumbuk beberapa daun kemuning kemudian letakkan di atas luka yang telah disterilkan terlebih dahulu. Tak lupa, daun yang digunakan juga harus dicuci di bawah air mengalir sebelum ditumbuk.

Khasiat Daun Kemuning untuk Mengobati Keputihan pada Wanita

Manfaat daun kemuning yang lain adalah sebagai obat keluhan pada kelamin wanita yang seringkali membuat kaum hawa menjadi kurang pede, yakni keputihan. Keputihan disebabkan oleh adanya jamur karena bagian intim yang lembab.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler