fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Daun Afrika yang memiliki daun lebar dan tersusun spiral di cabang-cabang pohonnya ini semakin populer digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Daun Afrika yang akan dijadikan bahan obat herbal biasanya dibersihkan dahulu memakai air garam untuk mengeluarkan kandungan beracun di permukaan daun. Setelah itu, daun Afrika bisa direbus untuk nantinya diminum dan dirasakan khasiatnya. Berikut tujuh manfaat daun Afrika yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan jika mengonsumsinya dilansir dari Kania.

Mengatasi Sakit Perut

Daun Afrika bisa Anda andalkan tiap kali mengalami keluhan sakit perut atau mulas yang penyebabnya bisa dipicu oleh berbagai kondisi, seperti sistem pencernaan yang tidak lancar, menstruasi, ataupun gejala alergi. Manfaat daun Afrika dalam mengatasi sakit perut ini pulalah yang membuatnya kian populer di Nigeria pada awal pemanfaatannya sebagai obat herbal. Untuk mengatasi sakit perut, Anda bisa mengekstrak daun Afrika dan menambahkan sejumput garam sebelum mengonsumsinya.

Menyembuhkan Demam

Manfaat daun Afrika yang tidak kalah populer di negeri asalnya adalah menyembuhkan demam. Ini menjadi alternatif pengobatan demam di negara-negara yang minim akses untuk memperoleh obat farmasi, khususnya di Afrika. Manfaat daun Afrika ini bisa dirasakan karena adanya kandungan senyawa flavonoid yang bisa membantu mengatur suhu pusat di tubuh. Bahkan, manfaat daun Afrika dalam meredakan demam ini biasa diaplikasikan ke bayi-bayi yang mengalami demam tinggi dengan cara menjadikannya sebagai kompresan untuk mencegah kerusakan otak.

Memelihara Fungsi Ginjal

Anda mungkin hampir tidak percaya kalau daun Afrika bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif para penderita penyakit ginjal, bahkan yang kronis sekalipun. Soalnya, salah satu manfaat daun Afrika yang kerap dipercaya adalah mengembalikan fungsi ginjal dan juga mengurangi kerusakannya. Keren banget, ya?

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat daun Afrika yang satu ini cocok banget buat penderita diabetes. Kemampuan daunnya yang dipercaya dapat mengembalikan fungsi ginjal bisa berbuntut pada khasiatnya untuk meningkatkan insulin dan menurunkan kadar gula darah. Nggak cuma itu, pengonsumsian daun Afrika juga disebut-sebut mampu mencegah produksi glukosa dalam tubuh sehingga kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun Afrika dalam menurunkan kadar kolesterol nggak perlu diragukan. Bagaimana tidak, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sampai 50 persen ketika rutin mengonsumsi ekstrak daun Afrika ini. Manfaat daun Afrika yang satu ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah yang tercantum dalam Journal of Vascular Health and Risk Management. Anda tahu, ‘kan kalau kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi pemicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, maupun risiko penurunan fungsi memori? Jadi, secara tidak langsung, manfaat daun Afrika dari penurunan kadar kolesterol jahat juga bisa menghindarkanmu dari beragam penyakit kronis tersebut.

Mengobati Pneumonia

Ini dia yang membuat kepopuleran daun Afrika meningkat tajam belakangan ini. Pasalnya, manfaat daun Afrika ini dianggap mampu mengobati pneumonia atau radang paru-paru yang kerap menjadi komplikasi parah dari penyakit Covid 19. Dengan mengonsumsi ekstrak atau rebusan daun pneumonia, imunitas tubuh bisa meningkat tajam dan infeksi penyebab pneumonia yang berasal dari virus, bakteri, maupun jamur dapat lebih mudah dilawan.

Meredakan Gejala Malaria

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa obat alternatif untuk malaria adalah daun kina. Namun, Anda tahu tidak kalau manfaat daun Afrika juga bisa mengatasi gejala dari gigitan nyamuk malaria? Anda cukup membuat jus dari daun Afrika untuk mendapatkan khasiat tersebut. Gunakan saja blender untuk membuatnya dan tuang ke dalam gelas jika sudah selesai.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler