fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Tips Mengolah Jamur Enoki

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Jamur enoki yang diproduksi  aman untuk dikonsumsi, tapi tak ada salahnya kamu tetap berhati-hati dan tetap cermat dalam mengonsumsinya agar tak berbahaya bagi tubuh. Nah, sebagai informasi, berikut beberapa tips dan panduan dalam mengolah jamur enoki supaya aman dikonsumsi dan tentu saja tidak membahayakan. Yuk, simak di bawah ini!

Ketahui Karakter Jamur Enoki

Saat ini, ada banyak jenis jamur enoki yang tumbuh di berbagai negara, utamanya di China, Jepang, serta Korea. Perlu kamu ketahui, jamur enoki liar memiliki warna kecokelatan serta mempunyai batang berukuran tebal. Sementara itu, jamur enoki hasil budidaya yang banyak kamu temukan di supermarket memiliki warna lebih putih serta batang yang lebih slim.

Simpan Jamur Enoki di Dalam Kulkas

Jamur enoki sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Menurut Food and Drug Administration (FDA), mengatur temperatur suhu di dalam kulkas dapat mencegah pertumbuhan bakteri listeria. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengatur suhu kulkas pada 4 derajat celcius atau lebih rendah saat menyimpan jamur enoki. Saat membeli jamur enoki di supermarket, umumnya terdapat label informasi mengenai waktu penggunaan yang disarankan. Tentunya, Kania sarankan kamu untuk mengonsumsi jamur enoki sesuai waktu pada label kemasan karena semakin lama kamu menyimpannya di kulkas, maka semakin besar peluang listeria untuk berkembang.

Perhatikan Kebersihan Tempat Penyimpanan Jamur Enoki

Hal ini tak hanya berlaku untuk jamur enoki sebab semua wadah atau tempat penyimpanan makanan harus dipastikan selalu bersih dan higienis agar terhindar dari bakteri. Maka dari itu, pastikan kamu menjaga kebersihan pada tempat penyimpanan jamur enoki dan makanan lainnya agar tidak mudah rusak dan kualitasnya tetap terjaga serta sehat saat dikonsumsi.

Cuci Jamur Enoki Secara Benar

Sebelum mengolahnya, kamu pun harus mencuci jamur enoki terlebih dulu. Pertama-tama, silakan buang batang yang mulai mengeluarkan lendir dan berubah warna. Setelah itu, kamu pun bisa mencuci jamur enoki menggunakan air dingin dan potong bagian batang yang lebih keras. Jika sudah, kamu pun bisa mengolah jamur enoki menjadi berbagai menu masakan favorit!

Hindari Mengonsumsi Jamur Enoki dalam Kondisi Mentah

Kamu juga harus memastikan untuk tidak mengonsumsi jamur enoki dalam kondisi mentah. Sebaiknya, olah jamur enoki terlebih dulu. Ini karena kebanyakan jenis jamur mengandung serat berjumlah banyak, di mana sebagian besarnya sulit dicerna oleh tubuh manusia. Adapun, proses pengolahan jamur enoki melalui panas dapat memecah serat yang tidak larut serta dapat menghilangkan patogen yang mungkin menempel sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Olah Jamur Enoki Secara Benar

Perlu kamu ketahui bahwa bakteri listeria bisa lenyap dalam proses pemasakan. Jadi, silakan masak jamur enoki pada suhu mulai dari 75 derajat celcius agar bakteri tersebut lenyap dan tidak mendatangkan efek bahaya bagi tubuh. Dengan menyimpan jamur enoki secara tepat, mengonsumsinya dalam kondisi matang, serta memasaknya pada suhu di atas 75 derajat celcius, jamur enoki aman untuk kamu konsumsi.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler