fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Tunjang Geliat Ekonomi, Dinas Pasang Wifi Gratis di Terminal Semin

Published

on

Semin,(pidjar.com)–Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan Terminal tipe C Semin, Kecamatan Semin. Selain memasang Wifi gratis, dinas juga memasang CCTV untuk meningkatkan keamanan pengunjung yang akan berangkat dari terminal di sisi timur Gunungkidul tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Wahyu Nugroho mengatakan, pemasangan CCTV dan Wifi tersebut atas dasar masukan dari warga serta pemilik kios di Terminal Semin. Dipilihnya terminal Semin sendiri bukan tanpa alasan, sebab saat ini pengelolaan terminal itu masih dibawah Pemkab Gunungkidul.

“Masukan dari warga dan pemilik kios kita tindaklanjuti sebagai bentuk peningkatan pelayanan,” ujar Wahyu, Sabtu (25/01/2020).

Dengan pemasangan Wifi ini diharapkan dapat menunjang geliat ekonomi bagi para pelaku usaha. Terlebih penjualan tiket sudah memakai sistem online.

“Pemasangan Wifi bagi penumpang maupun pemilik kios yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul. Di sana ada terminal ada geliat ekonomi. Misalnya penjualan tiket, saat ini sudah online, dan akan lebih mudah jika kita siapkan fasilitas Wifi,” jelas dia.

Dishub juga memasang em voice announcer dan CCTV untuk mendukung program Gunungkidul sebagai Smart City. Selain itu, CCTV digunakan untuk  aktivitas masyarakat di beberapa titik disesuaikan dengan tingkat kepadatan lalu lintas dan juga pertimbangan daerah rawan kecelakaan. Sampai dengan saat ini lokasi terpasang kamera pengintai meliputi, Hargodumilah Kecamatan Patuk, Kemudian Putat, depan kantor Kecamatan Playen, titik 0 Kota wonosari, depan kantor BRI dan di lampu merah Jeruk, Wonosari

Berita Lainnya  Segera Dioperasikan, RSUD Saptosari Diproyeksikan Jadi Lokasi Isolasi Pasien Corona

Ia menambahkan, selain CCTV dan Wifi, pihaknya juga meningkatkan berbagai fasilitas yang ada di terminal mulai dari MCK, ruang tunggu, hingga penambahan kios. Hal tersebut menurutnya menjadi upaya untuk berkontribusi menggeliatkan Terminal Semin yang dibangun oleh pemerintah. Dengan upaya demikian diharapkan terminal dapat memiliki kesibukan dan tidak menjadi sepi.

“Masukan dari komunitas dan masyarakat di sekitar terminal juga kita kabulkan seperti penggantian PJU (Penerangan jalan umum),” katanya. 

Menurut dia, seiring perkembangan waktu, Terminal Semin semakin meningkat penggunanya. Kedepan, dia berharap masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan fasilitas yang sudah dibangun.

“Kita mengajak semua pihak untuk berperan serta menjaga fasilitas yang sudah dibangun,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan pihaknya terus melakukan pemasangan CCTV yang disebar di seluruh wilayah. Diharapkan  pemantauan keamanan juga sebagai alat pantauan arus kepadatan lalu lintas yang masuk ke Gunungkidul, serta pengawasan jika terjadi kejahatan. Terlebih di kawasan perbatasan yang jarang terpantau. Fasilitas yang terus ditingkatkan oleh Pemkab Gunungkidul ini juga digunakan untuk mengawasi dan mengantisipasi perilaku negatif yang mungkin terjadi.

Berita Lainnya  Pemerintah Rencanakan Rekrut 100.000 PNS Baru, Pemkab Gunungkidul Tunggu Informasi Resmi

Seperti misalnya tindak asusila yang dapat terjadi di lokasi-lokasi tertentu dan sepi. Belum lagi misalnya terdapat sebuah tindak kejahatan, rekaman CCTV nantinya akan sangat membantu proses pengungkapan oleh aparat berwenang.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler