fbpx
Connect with us

Sosial

Wakapolda DIY: 3 Kawasan Jadi Prioritas Penanganan Klithih

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Kejahatan jalanan sejak beberapa waktu terakhir menjadi perhatian bersama. Menjadi sangat membahayakan dan meresahkan warga masyarakat, lantaran kejahatan klithih semacam ini memilih korbannya secara acak. Sejumlah upaya terus digenjot oleh aparat kepolisian dalam rangka mengantisipasi tindak pidana ini. Namun begitu, untuk memberantas kejahatan jalanan semacam ini, selain penindakan dari aparat penegak hukum, semua lini baik pemerintah dan orang tua memiliki peran untuk mengantisipasi anak-anak mereka terjerumus dalam tindak kriminalitas yang keji tersebut.

Wakapolda DIY Brigjen Polisi R. Slamet Santoso mengungkapkan, saat ini pihaknya telah memerintahkan anggotanya untuk mengantisipasi dan menindak serta memberantas tindak kejahatan jalanan yaitu klitih. Polda DIY sendiri sangat memahami keresahan masyarakat yang merasa tidak tenang dengan aksi bar-bar geng-geng pemuda atau pelajar ini. Polisi sendiri telah melakukan pemetaan-pemetaan geng motor dan genk pemuda yang ada di wilayah DIY. Wilayah yang menjadi skala prioritas penanganan klithih yaitu, di Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta. Di ketiga titik ini, kejahatan klithih sendiri memang cukup merajalela.

Berita Lainnya  Masih Ada Yang Belum Punya Jamban Sendiri, Dinas Targetkan Tahun Depan Seluruh Kepala Keluarga Punya Jamban Sehat

Pemetaan yang dilakukan tersebut kemudian diteruskan dengan adanya komunikasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Satpol PP dan lini lain yang kemudian memberikan sosialisasi dan edukasi agar lebih bijak saat berkendara dan tidak terpengaruh dengan apa yang sudah terjadi.

“Upaya preemtif, preventif, dan penindakan secara hukum tentunya dilakukan. Pemetaan ini sebagai bentuk upaya preemtif yang kami lakukan,” papar Slamet, yang ditemui saat berkunjung ke Gunungkidul, Sabtu (28/11/2021) kemarin.

Adapun peran orang tua dalam hal ini juga sangat penting. Mulai dari pendekatan dengan anak, mengetahui circle pergaulan anak, dan memberikan perhatian yang lebih. Sebab saat ini aktivitas anak jauh lebih banyak di rumah jika dibandingkan dengan waktu biasanya. Sebisa mungkin orang tua harus tetap mengontrol anak mereka agar tidak masuk dalam pergaulan yang salah.

Berita Lainnya  Merananya Kakek Ngadiyono, Hidup Dalam Kegelapan dan Kemiskinan di Hari Tuanya

“Untuk razia kepemilikan sajam ini juga kami lakukan. Kami sangat berharap semua memiliki peran aktif dalam menanggulangi kejahatan jalanan ini,” imbuh dia.

Disinggung mengenai kerawanan Kabupaten Gunungkidul atas aksi klitih ini, R. Slamet Santoso mengungkapkan jika di Gunungkidul aksi klthih masih sangat rendah. Berdasarkan laporan yang masuk, kawasan yang rawan terhadap tindak kejaharan jalanan adalah Bantul, Kota Yogyakarta, dan Sleman. Meski demikian, masyarakat tidak boleh lengah harus tetap waspada dalam segala hal. Terlebih ruas jalur di Gunungkidul sendiri cukup ramai khususnya pada setiap akhir pekan.

Beberapa waktu lalu, Kasubbag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto menyampaikan bahwa jajaran Polres Gunungkidul akan menindaklanjuti laporan masyarakat yang diresahkan dengan aksi gerombolan pemotor yang meresahkan. Pihaknya turut melakukan pencegahan dengan melibatkan jajaran kepolisian Polres Gunungkidul untuk melaksanakan patroli di kawasan-kawasan yang dianggap rawan. Jajaran Polres Gunungkidul sendiri kembali melaksanakan razia-razia malam di sejumlah jalur yang rawan terhadap tindak pidana kejahatan.

Berita Lainnya  Sudah 3 Hari Menghilang, Pemuda Berketerbelakangan Mental Tak Kunjung Ditemukan

“Khususnya pada hari-hari libur atau Sabtu dan Minggu, Polres Gunungkidul yang melibatkan Polwan, Sabhara, dan Lantas akan melaksanakan patroli untuk memberikan himbauan dan pencegahan gangguan kamtibmas,” urai Suryanto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler