fbpx
Connect with us

Uncategorized

Enam Fakta Tentang Penyakit Flu

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi virus influenza. Selain itu, penyakit ini juga rentan menyerang orang yang memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang rendah. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini menyerang adalah dengan menerapkan pola hidup sehat serta mendapat vaksin flu. Selain itu, mencegah penyakit ini juga bisa dilakukan dengan mengetahui berbagai fakta seputar penyakit flu, termasuk:

Orang Sehat tidak Membutuhkan Vaksin 

Vaksin flu bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit ini. Pemberian vaksin ampuh menghindari serangan virus, pada semua orang. Memiliki tubuh yang “terasa sehat” bukan berarti kamu tidak membutuhkan vaksin ini. Nyatanya, memiliki tubuh yang sehat dan jarang sakit bukan berarti tidak memiliki risiko penyakit sama sekali. Disarankan untuk tetap mendapat vaksin flu untuk mencegah penyakit ini.

Sudah Pernah Flu, Tidak Perlu Vaksin 

Vaksin dikenal sebagai bentuk pencegahan penyakit. Pada vaksin flu, tubuh seseorang akan disuntikkan virus yang sudah dilemahkan, sehingga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan kata lain, serangan virus yang sudah dilemahkan bisa membantu menambah imunitas. Namun, hal tersebut tidak bisa disamakan dengan infeksi virus secara umum. Pernah terserang flu, bukan berarti tubuh menjadi kebal dan tidak perlu vaksin. Nyatanya, pemberian vaksin tetap perlu dilakukan meski sudah pernah mengidap penyakit ini.

Kedinginan Menyebabkan Flu 

Ada mitos yang beredar bahwa terlalu lama berada di udara dingin atau kehujanan bisa menyebabkan flu. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Nyatanya, flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Namun, secara tidak langsung kondisi cuaca nyatanya bisa memengaruhi, misalnya kedinginan menyebabkan tubuh melemah, sehingga menjadi lebih mudah terserang virus flu.

Divaksin belum Tentu Bebas Flu 

Ada mitos yang menyebut bahwa orang yang sudah divaksin sudah pasti bebas flu. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Vaksin flu ampuh mencegah infeksi virus, tetapi bukan berarti 100 persen. Meski begitu, orang yang mendapat vaksin cenderung memiliki risiko yang lebih rendah untuk terserang penyakit ini jika dibandingkan dengan yang tidak mendapat vaksin.

Olahraga Adalah Obat Terbaik

Agar Flu cepat sembuh, maka olah raga adalah jalan terbaik. Olah raga mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga darah putih yang berfungsi sebagai imun tubuh dapat menyembuhkan sel-sel yang terinfeksi. Usahakan untuk berolah raga 5 kali seminggu, dilakukan selama 30 menit sehari.

Kurang Tidur

Penyebab utama seorang terjangkit Flu ialah kurang tidur. Tidur lebih baik jika dilakukan rata-rata 7 hingga 8 jam sehari. Jika dilakukan kurang dari 7 jam, dan dilakukan berkali-kali, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun. Menurut Penelitian dari Carnegie Mellon University, orang yang menghabiskan waktu tidurnya di bawah 92% berisiko lima kali lebih besar terjangkit Flu.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler