fbpx
Connect with us

Uncategorized

Enam Jenis Olahraga Yoga  

Published

on

Enam Jenis Olahraga Yoga   157
Enam Jenis Olahraga Yoga   158 Enam Jenis Olahraga Yoga   159 Enam Jenis Olahraga Yoga   160 Enam Jenis Olahraga Yoga   161 Enam Jenis Olahraga Yoga   162 Enam Jenis Olahraga Yoga   163 Enam Jenis Olahraga Yoga   164 Enam Jenis Olahraga Yoga   165 Enam Jenis Olahraga Yoga   166 Enam Jenis Olahraga Yoga   167 Enam Jenis Olahraga Yoga   168 Enam Jenis Olahraga Yoga   169 Enam Jenis Olahraga Yoga   171 Enam Jenis Olahraga Yoga   172 Enam Jenis Olahraga Yoga   173 Enam Jenis Olahraga Yoga   174

Jogja,(pidjar.com)–Olahraga yang berasal dari India ini diketahui sudah ada sejak ribuan tahun silam. Meskipun telah ada sejak lama, namun hingga saat ini yoga masih dijalani oleh sebagian masyarakat yang ada di berbagai penjuru dunia. Bila Anda termasuk salah seorang yang ingin menekuni olahraga ini, maka Anda wajib mengetahui jenis-jenis yoga yang bisa dipraktekkan beserta manfaatnya bagi tubuh. Berikut adalah ulasannya.

Yoga Hatha

Bila Anda seorang pemula atau orang yang belum pernah melakukan olahraga yoga sebelumnya, jenis yoga hatha bisa Anda coba praktekkan. Jenis yoga ini memang sangat cocok dilakukan oleh seorang pemula karena gerakan-gerakannya cukup sederhana.

Instruktur biasanya akan memberikan teknik-teknik dasar, seperti postur dasar dan juga teknik pernapasan. Jenis yoga hatha sendiri lebih mengutamakan penyesuaian gerakan fisik, teknik pernapasan serta konsentrasi. Meskipun terbilang sederhana, namun gerakan dalam yoga hatha bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh serta mampu mengurangi stres. Tertarik untuk mencoba?

Enam Jenis Olahraga Yoga   175 Enam Jenis Olahraga Yoga   176 Enam Jenis Olahraga Yoga   170

Yoga Vinyasa

Yoga vinyasa merupakan jenis yoga yang lebih memfokuskan diri dalam pengaturan napas, kecepatan serta postur tubuh. Gerakan yoga yang satu ini terbilang memiliki tempo cepat. Gerakan yang biasa dilakukan saat berlatih juga cukup dinamis karena tidak mengikuti aturan baku dalam setiap pose.

Karena rangkaian gerakannya cukup dinamis, Anda juga tidak perlu kaget bila gerakan yang diberikan oleh instruktur akan berbeda di setiap sesi pertemuan. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan setelah latihan yoga jenis ini di antaranya memperkuat otot lengan dan serta memberikan kekuatan pada bagian-bagian otot tubuh lain.

Yoga Yin

Bila pada jenis yoga vinyasa Anda dituntut untuk mengikuti gerakannya yang cepat, maka dalam yoga yin gerakan yang dilakukan akan cenderung lebih pasif. Itu karena yoga jenis ini memang lebih memfokuskan diri untuk relaksasi dan kenyamanan. Perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya dalam yoga ini cukup panjang, yaitu sekitar 3-5 menit.

Posisi yang biasa dilakukan adalah dalam keadaan duduk atau berbaring. Meskipun terkesan lambat, namun gerakan yoga ini memiliki banyak manfaat. Selain dapat melatih pikiran Anda agar tetap fokus dan tenang, yoga yin juga dapat membantu memulihkan jaringan sendi dalam tubuh.

Yoga Prenatal

Nah, kalau yoga jenis ini sangat baik untuk ibu hamil. Seperti namanya, yoga prenatal memang khusus bagi wanita yang sedang hamil. Gerakan yang dilakukan dalam yoga prenatal biasanya meliputi gerakan yang ada di sekitar area pinggul serta latihan pernafasan. Beberapa gerakan yang dilakukan dalam yoga restorasi pun biasanya digunakan dalam latihan yoga jenis ini.

Manfaat yang bisa Anda rasakan dari yoga ini di antaranya bisa membuat Anda tetap aktif selama masa kehamilan serta membuat tubuh lebih kuat dan segar. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan energi karena biasanya pada orang yang sedang hamil terjadi perubahan hormon.

Yoga Bikram

Selanjutnya ada yoga bikram. Jenis yoga ini terdiri dari dua rangkaian pernapasan dengan total gerakan 26 pose. Selain itu, yoga ini juga harus dilakukan di ruangan panas dengan suhu sekitar 40,6 derajat Celsius. Jenis yoga ini memang sangat efektif untuk membakar kalori. Kombinasi gerakan dengan suhu ruangan yang panas memang bisa membuat tubuh Anda dibanjiri oleh keringat.

Yoga Ashtanga

Jenis yoga yang satu ini memang bisa dibilang cukup menantang. Meskipun hanya memiliki enam gerakan, namun gerakan yang ada di dalamnya terbilang sulit. Pada dasarnya gerakan dalam yoga jenis ini merupakan sinkronisasi antara teknik pernapasan dengan gerakan. Yoga jenis ini bermanfaat untuk melatih fisik serta mental agar lebih kuat.

 

Enam Jenis Olahraga Yoga   178 Enam Jenis Olahraga Yoga   179 Enam Jenis Olahraga Yoga   180 Enam Jenis Olahraga Yoga   181 Enam Jenis Olahraga Yoga   182 Enam Jenis Olahraga Yoga   183 Enam Jenis Olahraga Yoga   184 Enam Jenis Olahraga Yoga   185 Enam Jenis Olahraga Yoga   186 Enam Jenis Olahraga Yoga   187 Enam Jenis Olahraga Yoga   188 Enam Jenis Olahraga Yoga   189 Enam Jenis Olahraga Yoga   190 Enam Jenis Olahraga Yoga   191

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler