fbpx
Connect with us

Peristiwa

Api Bakar Rumah Seisinya Berikut Motor, Kerugian Capai Ratusan Juta

Diterbitkan

pada

Patuk,(pidjar.com)–Rumah milik Suharjana (40) warga Padukuhan Jelok, Kalurahan Beji, Kapanewon Patuk terbakar hebat pada Rabu (23/02/2022) siang tadi. Tak hanya bangunan, namun isi perabot maupun barang elektronik serta sepeda motor yang ada di dalam rumah tersebut juga ikut terbakar lantaran tak sempat diselamatkan. Akibatnya, sang pemilik harus menangguk kerugian hingga mencapai ratusan juta rupiah. Masih belum diketahui penyebab pasti hingga api bisa membesar.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto menceritakan, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu, rumah berbentuk limasan tersebut dalam kondisi sepi lantaran ditinggal sang pemilik pergi ke ladang. Di dalam rumah, hanya ada Dian Santoso (6) yang merupakan putra Suharjana. Tiba-tiba, api membesar di bagian rumah sebelah kanan.

Berita Lainnya  Nikahkan Pasangan Positif Covid 19, Penghulu KUA Playen dan Sejumlah Warga Jalani Isolasi

“Api membesar dari bagian kamar tidur,” beber Suryanto, Rabu petang.

Dian yang panik lantas keluar rumah untuk meminta pertolongan warga sekitar. Sejumlah tetangga korban lantas berdatangan ke lokasi kejadian. Warga sendiri sempat berusaha memadamkan api yang telah semakin membesar meski dengan peralatan seadanya. Sebagian warga lainnya, berusaha menyelamatkan kedua orang tua korban yakni Sastro (90) dan Sajiyem (80) yang tinggal di rumah yang hanya berjarak 5 meter dari rumah Suharjana yang terbakar.

“Kedua lansia tersebut berhasil diselamatkan menuju ke tempat yang aman,” imbuh Kasubbag Humas.

Api sendiri terus membesar lantaran di dalam rumah terdapat sejumlah barang-barang yang mudah terbakar. Kejadian yang cepat membuat warga tak sempat lagi menyelamatkan perabot, barang elektronik maupun sepeda motor Honda Revo milik Suharjana yang berada di dalam rumah.

Berita Lainnya  Kecapekan Tempuh Perjalanan, Pengunjung Pantai Baron Ambruk dan Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung di Hadapan Sang Istri

“Api sudah sangat besar dan merembet ke bagian rumah lainnya sehingga berbahaya bagi warga yang ingin mengevakuasi barang-barang berharga,” lanjut dia.

Berselang beberapa waktu kemudian, anggota kepolisian serta Unit Pemadam Kebakaran berdatangan ke lokasi kejadian. Saat itu, api sudah membakar sebagian besar rumah tersebut. Setelah berjibaku selama beberapa waktu, akhirnya petugas berhasil menjinakkan api.

“Untuk kerugian jika ditaksir mencapai Rp 150 juta. Barang-barang berharga di dalam rumah memang tak sempat diselamatkan dan ikut terbakar,” papar Suryanto.

Disinggung mengenai penyebab kebakaran, saat ini petugas masih melakukan penyelidikan. Keterangan sejumlah saksi maupun olah TKP telah dilakukan polisi guna mengetahui penyebab pasti munculnya api hingga kemudian membesar dan membakar seisi rumah itu.

Berita Lainnya  Tabrakan Beruntun di Jalur Jogja-Wonosari, Satu Korban Meninggal Dunia

“Tidak sampai ada korban jiwa maupun luka. Hanya memang kerugian materiil cukup besar,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler