fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Aplikasi Segera Dilaunching, Urus Perizinan Kini Bisa Secara Online

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Gunungkidul akan segera memberikan terobosan baru kepada masyarakat terkait dengan kemudahan dalam pengurusan perizinan. Beberapa saat lagi, DPMPT akan melaunching sekaligus mulai mengoperasikan sebuah aplikasi pengurusan perizinan secara online. 

Kepala DPMPT Gunung Kidul Irawan Jatmiko mengatakan, aplikasi perizinan online ini akan dilaunching pada 1 Februari mendatang. Sesuai dengan namanya, melalui aplikasi ini, pelayanan perizinan kepada masyarakat bisa dilakukan secara online dan nantinya pemohon tidak harus datang ke dinas untuk bisa mengajukan perizinan.

"Nanti bisa mengisi formulir secara online dan sekaligus juga menyisipkan dokumen berupa foto atau format PDF," kata Irawan, Senin (15/01/2018) siang.

Berita Lainnya  Mulai Dicairkan, Insentif Senilai Rp 4,8 Miliar untuk Tenaga Kesehatan

Irawan menambahkan, adanya aplikasi ini diharapkan bisa memangkas birokrasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Seperti misalnya dalam proses verifikasi dokumen pengajuan perizinan, pemohon tak perlu menunggu penandatanganan langsung dari Kepala Dinas. Sebab, pihaknya sudah menggunakan aplikasi tanda tangan elektronik.

"Semisal saya tidak ada di kantor atau sedang berada di luar kota, ke Bogor atau Jakarta atau yang lainnya tak perlu menunggu saya. Sehingga dalam kepengurusan perizinan tidak lagi ditemui kata-kata belum dapat izin karena kepala dinas nggak ada di kantor," imbuh dia.

Dalam operasional aplikasi perizinan online ini, pihaknya menggandeng Lembaga Sandi Negara untuk membangun sistem keamananan aplikasi yang akan dikembangkan.

Berita Lainnya  Pemakai Tabung Gas Melon Menurun, Pemkab Ajukan Pengurangan Kuota

"Kami kerja sama dengan Lembaga Sandi Negara untuk membangun sistem keamanan digitalnya, di sana yang memiliki keamanan terkait hal itu," katanya.

Irawan memaparkan, bagi warga yang tidak bisa mengoperasikan komputer tidak perlu khawatir. Hal ini lantaran pihaknya akan menempatkan petugas khusus yang nantinya diberikan tugas memandu para pemohon.

"Kalau tidak ada kendala 1 Februari besok kita akan mulai fungsikan di Gunungkidul," pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler