fbpx
Connect with us

Peristiwa

Berhasil Dievakuasi, Batu Raksasa di Purwosari Hantam Teras Rumah Warga

Diterbitkan

pada

BDG

Purwosari,(pidjar.com)–Batu raksasa yang terancam longsor dan membahayakan pemukiman warga di Padukuhan Widoro, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari akhirnya berhasil dievakuasi pada Minggu (28/01/2018) siang kemarin. Proses evakuasi yang melibatkan puluhan orang petugas gabungan dan warga masyarakat setempat ini dilakukan dengan memerosotkan dan mengarahkan batu ke lokasi yang lebih aman. Meski demikian dalam proses tersebut, batu berdiameter sekitar 5 meter tersebut sempat menghantam teras rumah salah seorang warga dan menimbulkan kerugian mencapai jutaan rupiah.

Kapolsek Purwosari AKP Budi Kustanto melalui anggota Humas Polsek Purwosari, Brigadir Chrismawan mengungkapkan, proses evakuasi akhirnya diputuskan dengan pertimbangan cuaca yang semakin memburuk. Upaya sebelumnya dengan menahan batu agar tidak menggelinding ke bawah dinilai sangat cukup membahayakan kawasan pemukiman warga yang berada di bawahnya mengingat hujan terus menerus terjadi. Batu raksasa tersebut pertama diketahui telah merosot dari lokasinya semula pada Jumat (26/01/2018) silam.

Berita Lainnya  Investor Bangun Rumah Sakit Islam di Karangmojo

Ia menambahkan, upaya evakuasi dilakukan sejak Sabtu (27/01/2018) lalu. Namun karena kawasan Kecamatan Purwosari dilanda hujan lebat, proses evakuasi pertama akhirnya dihentikan. Evakuasi kembali dilanjutkan pada sepanjang hari Minggu kemarin.

“Kita melibatkan puluhan orang dari petugas kepolisian, forum masyarakat peduli bencana, TNI dari Koramil Purwosari dan juga warga setempat,” ucap Chrismawan, Senin siang.

Setelah berjibaku menggunakan peralatan seadanya seperti dongkrak dan kayu selama 5 jam, akhirnya batu raksasa tersebut berhasil dilongsorkan. Batu tersebut diarahkan ke lokasi yang lebih aman dari pemukiman warga.

“Tindakan cepat memang harus diambil karena kondisi batu tersebut semakin berbahaya dan berpotensi menimbulkan korban apabila tidak segera dilakukan proses evakuasi,” beber dia.

Berita Lainnya  Pohon Tumbang Timpa Rumah dan Mushola, 1 Orang Terluka

Ia menambahkan, proses evakuasi sendiri tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka. Hanya saja, batu sempat menghantam bagian teras rumah milik Mintorejo, warga setempat yang tepat berada di bawah batu. Diperkirakan akibat kerusakan yang terjadi, pemilik rumah harus menangguk kerugian hingga mencapai 5 juta rupiah.

“Yang terpenting adalah tidak sampai ada korban,”ujarnya.

Hingga saat ini menurut Chrismawan, warga setempat masih terus melakukan kerja bakti untuk mengevakuasi batu dari teras rumah Mintorejo. Sekaligus juga warga melakukan perbaikan di bagian rumah yang mengalami kerusakan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, warga Padukuhan Widoro, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari diresahkan dengan adanya batu raksasa yang telah merosot sekitar 1 meter dari lokasi semula pada Jumat silam. Diduga, batu tersebut merosot dan berpotensi meluncur ke bawah di mana terdapat pemukiman warga setelah tanah di lokasi semula tergerus longsor akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Purwosari.

Berita Lainnya  Cerita Pengemudi Ojol yang Jadi Korban Klitih, Disabet Pedang Hingga Alami Luka Ditangan

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler