fbpx
Connect with us

Uncategorized

Dapat Kucuran Dana Ratusan Juta, Salah Satu Pantai Terbaik Gunungkidul Segera Miliki Jalan Anyar

Published

on

Panggang,(pidjar.com)–Di balik potensi pantai-pantai yang menakjubkan di Gunungkidul, infrastruktur masih menjadi permasalahan yang pelik dalam pengembangan pariwisata Gunungkidul. Saat ini, banyak akses jalan menuju kawasan pantai yang masih belum memadai. Akibatnya, pengembangan kawasan obyek wisata tersebut mengalami kendala.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sendiri terus berusaha membuka akses ke kawasan pantai, khususnya yang memang masih belum memadai. Meski begitu, tak bisa dipungkiri, adanya keterbatasan anggaran membuat proses pembangunan sendiri harus dilaksanakan secara bertahap maupun bergiliran.

Salah satu yang tengah mendapatkan penganggaran dari pemerintah adalah akses jalan menuju Pantai Gigrak, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Sebelumnya, kondisi jalan ke Pantai Gigrak memamg sangat memprihatinkan. Namun saat ini, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengucurkan anggaran ratusan juta untuk memperbaiki lokasi jalan menuju salah satu pantai terbaik di Bumi Handayani ini.

Panewu Panggang, Winarno, mengungkapkan, beberapa waktu lalu pihaknya mendapatkan bantuan Prgram Infrastruktur Ekonomi Wilayah (PISEW) dari Kementrian PUPR tahun anggaran 2021. Adapun bantuan anggaran yang didapatkan adalah senilai Rp. 600 juta. Anggaran ini kemudian digunakan untuk pembangunan jalan menuju Pantai Gigrak dan Padukuhan Panggang II menuju Giriwungu.

“Digunakan untuk pembangunan jalan cor rabat menuju Pantai Gigrak sepanjang 1.150 meter dan cor rabat di Panggang II menuju Giriwungu sepanjang 460 meter,” ungkap Winarno, Selasa (12/10/2021).

Winarno menambahkan, pelaksana proyek sendiri yakni Satuan Kerja Cipta Karya Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun waktu pengerjaan direncanakan selama 90 hari kerja.

“Diawali Agustus dengan target selesai Oktober ini,” imbuh dia.

Menurutnya, pengerjaan jalan sendiri dilakukan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat sekitar. Dalam proses pembangunan sendiri berjalan lancar. Panewu menyebut bahwa proggres pembangunan sendiri sudah mencapai 95%. Sehingga dalam waktu dekat ini, jalan tersebut bisa diselesaikan dan bisa digunakan oleh masyarakat.

“Dengan perkembangan yang ada, kami optimis pertengahan bulan ini sudah diserat terimakan,” kata Winarno.

Ia berharap pembangunan jalan di sekitar kawasan wisata tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan akses jalan yang membaik, maka nantinya kunjungan wisatawan bisa semakin meningkat.

Sementara itu warga setempat, Tukino mengapresiasi program ini. Menurutnya, banyak wisatawan yang sering melintas namun mengeluhkan akses jalan.

“Apalagi kalau musim hujan, sangat tidak layak dan membahayakan karena licin,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler