fbpx
Connect with us

Uncategorized

Empat Bagian Tubuh yang Jarang Diperhatikan Namun Sebaiknya Dirawat dengan Baik

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Kebanyakan orang merasa cukup mengenali diri dan tubuhnya. Namun tidak jarang juga yang belum mengetahui beberapa bagian penting yang ada di tubuh mereka dan cara merawatnya, sehingga dapat membuat seseorang tampil lebih baik dan percaya diri. Beberapa bagian tubuh berikut ini mungkin sangat jarang kita perhatikan sehingga juga tidak mendapatkan perawatan yang sebaiknya didapatkan. Padahal  jika kita rutin memperhatikan dan merawatnya akan memberikan potensi kesehatan dan kenyamanan hidup yang tidak kecil.

Pusar Perut

Seberapa sering Anda memperhatikan dan merawat pusar Anda? Mungkin tidak banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk  memberikan perhatian terhadap bagian tubuh yang berada di tengah perut ini. Mulai sekarang ada baiknya Anda mulai memperhatikan pusar Anda. Karena ternyata bagian pusar memiliki potensi menyimpan bakteri yang jumlahnya tidak sedikit. Setidaknya ada lebih dari 60 jenis bakteri yang bisa bersarang di pusar (US National Library of Medicine, 2012). Bagian ini bahkan seringkali tetap kotor bahkan setelah kita selesai mandi karena memang tidak terlalu sering pusar dibersihkan ketika mandi. Bersihkan pusar Anda setidaknya sekali dalam satu minggu. Gunakan kapas lembut dan alkohol gosok untuk membersihkannya. Gosok dengan lembut, kemudian setelah selesai bilas dengan air bersih menggunakan kapas baru yang bersih.  Bisa Anda lakukan saat mandi.

Ketiak

Berita Lainnya  Parkir di Teras Tanpa Dikunci Stang, Honda Beat Raib Dibawa Kabur Pencuri

Banyak orang merasa bahwa memberikan wewangian ke bagain ketiaknya sudah cukup untuk mengusir aroma tak sedap yang mungkin munculdari sana. Apalagi berbagai iklan memang menstimulan orang untuk melakukan cara praktis ini. Maklum, masyarakat instan bertemu dengan kepentingan industri memang selalu berjodoh. Padahal sebenarnya semakin sering Anda memakai deodoran di ketiak Anda, akan semakin beragam bakteri yang bertempat tinggal di ketiak Anda (frontiersin.org, 2015). So, menggunakan deodoran bukanlah satu-satunya cara membuat ketiak Anda tidak bau. Anda juga sebaiknya tahu beberapa hal yang dapat menyebabkan aroma kurang enakdari ketiak Anda. Salah satu faktor yang selama ini mungkin tidak Anda duga memberikan kontribusi terhadap aroma tak sedap dari ketiak Anda, antara lain  menggunakan pakaian berbahan polyester. Cara Anda mencuci baju juga berpengaruh terhadap kesehatan ketiak Anda. Bakteri yang ada di pakaian kotor akan tetap bertahan di sana jika Anda mencucinya dengan deterjen mild dan temperatur mesin cuci di bawah 30 derajat celcius.

Lidah

Tidak hanya gigi, lidah juga butuh diperhatikan. Bagian tubuh ini sangat berjasa bagi Anda yang cukup perhatian dengan rasa masakan atau makanan. Maka sangat dianjurkan untuk juga memperhatikan kesehatan lidah Anda. Laman Healthline menyebutkan bahwa membersihkan lidah merupakan sebuah praktik yang sudah dijalankan di Dunia Timur selama berabad-abad. Membersihkan lidah dapat membersihkan kotoran-kotoran yang dapat mengakibatkan plak dan juga akan memberikan kontribusi tidak kecil terhadap kesehatan gigi. Cara paling mudah membersihkan lidah adalah dengan menggunakan sikat gigi yang paling lembut. Bersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi lembut dengan menggosoknya maju mundur setiap kali Anda menyikat gigi.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Memelihara Kucing

Bagian Belakang Telinga

Berapa banyak di antara yang membaca artikel ini selalu membersihkan bagian belakang telinganya? Dalam agama tertentu, praktik ini memang dilakukan dalam tahap pembersihan diri sebelum melakukan sembahyang.  Namun tidak ada salahnya kita melakukannya di luar waktu-waktu sembahyang tersebut. Membersihkan bagian belakang telinga sangat beralasan karena bagian ini juga bisa menimbulkan aroma kurang sedap dan dapat menyebabkan ruam kulit yang menimbulkan gatal-gatal bahkan peradangan (Webmd.com). Membersihkan bagian belakang telingan bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat dan sabun mandi secukupnya. Anda tentu bisa melakukannya pada saat mandi pagi atau sore. Sementara satu hal lagi yang juga patut diperhatikan agar bagian belakang telinga tetap sehat adalah penggunaan anting di telinga. Bagi Anda yang menggunakan anting di telinga, sebaiknya selalu melepaskannya sebelum tidur atau pada saat Anda sedang tidak membutuhkan pemakaian anting-anting.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler