fbpx
Connect with us

Politik

Jalani Fit n Proper Test, Endah Subekti Kuntariningsih Hampir Pasti Ditunjuk Sebagai Ketua DPRD Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Teka-teki siapa yang akan memimpin DPRD Gunungkidul selama 5 tahun ke depan mulai terkuak. Sejumlah nama mulai menyeruak dan hampir dipastikan akan diajukan menduduki posisi Ketua maupun Wakil Ketua DPRD Gunungkidul. Saat ini pasca pelantikan pada 12 Agustus 2019 silam, DPRD Gunungkidul masih dipimpin oleh Ketua DPRD Sementara, Endah Subekti Kuntariningsih. Adapun kursi pimpinan DPRD Gunuungkidul sendiri disesuaikan dengan perolehan kursi dari masing-masing partai. PDIP yang meraup 10 kursi berhak mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD. Sementara Partai NasDem, Golkar, dan PAN akan mendapatkan kursi Wakil Ketua DPRD.

Nama Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih hampir dipastikan akan ditunjuk oleh PDIP untuk menduduki kursi Ketua DPRD Gunungkidul. Endah sendiri saat ini telah dipanggil ke DPP PDIP untuk mengikuti tahapan fit and proper tes.

Kepada pidjar.com, Endah mengungkapkan bahwa dirinya telah mendapatkan surat panggilan dari DPP PDIP pada hari Kamis (22/08/2019) kemarin. Segera setelah mendapatkan panggilan tersebut, ia langsung terbang ke Jakarta untuk mengikuti tahapan fit n proper test. Tahapan ini sendiri memang diselenggarakan di DPP PDIP dan diikuti oleh seluruh calon Ketua DPRD dari seluruh Indonesia.

“Ini saya baru saja menjalani tes tertulis dan lisan oleh panelis dari DPP PDIP,” ujar Endah, Jumat (23/08/2019) siang.

Kepada pidjar.com, Endah tak menampik bahwa dengan adanya panggilan ini, besar kemungkinan dirinyalah yang akan ditunjuk menjadi Ketua DPRD Gunungkidul yang memang menjadi jatah PDIP. Dari seluruh kandidat, memang hanya dialah yang diberikan surat panggilan dari DPP.

Berita Lainnya  Tindak Lanjuti Rekomendasi Badan Geologi, BPBD Pasang Puluhan Papan Peringatan di Lokasi Tanah Ambles

“Tadi dari masing-masing kabupaten ada 2 kandidat, sementara untuk Gunungkidul, yang mendapatkan panggilan hanya 1,” ucapnya.

Ia jelaskan lebih lanjut, dalam fit n proper tes tersebut, materi yang diujikan kepada kandidat adalah seputar wawasan kebangsaan, 4 pilar bernegara, kepemimpinan dan kepartaian. Menurut Endah, tak ada masalah baginya saat melahap semua sesi tes yang dilangsungkan. Hal ini lantaran seluruh materi tersebut telah berpengalaman ia terapkan selama ini.

“Kami juga mendapatkan arahan dari DPP, bahwa nantinya kebijakan yang kami buat, sebisa mungkin dan harus sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat,” tandas dia.

Endah sendiri mengaku siap jika nantinya benar-benar mendapatkan amanah untuk memimpin DPRD Gunungkidul. Sejumlah program kerakyatan sudah ia siapkan dalam rangka menyejahterakan masyarakat Gunungkidul.

“Kita tunggu saja bagaimana keputusan DPP, yang jelas sebagai kader yang loyal, saya siap diberikan tugas apapun,” katanya.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN) justru sudah fix dalam mengajukan anggota yang akan menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Gunungkidul. PAN secara resmi menunjuk Wiwik Widiastuti untuk menduduki jabatan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwaruddin membenarkan perihal penunjukkan Wiwik untuk dijadikan sebagai Wakil Ketua DPRD Gunungkidul. Pihaknya telah menerima Surat Keputusan (SK) dari DPP PAN terkait penunjukkan Wiwik.

Berita Lainnya  Puluhan Desa Selenggarakan Pilkades Serentak November Mendatang, Pemkab Mulai Sebar Tim

“Sudah sekitar seminggu silam kita kirimkan ke Sekwan (Sekretariat DPRD Gunungkidul) SK dari DPP tersebut,” jelas Anwarudin.

Di saat PAN sudah menentukan pejabat Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Partai Nasdem dan Golkar yang juga mendapatkan jatah tersebut masih belum menentukan. Kedua parpol ini masih menunggu respon dari DPP masing-masing terkait siapa yang ditunjuk untuk menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Gunungkidul.

Ketua DPD NasDem Gunungkidul, Suparjo menuturkan, hingga saat ini pihaknya masih belum mendapatkan SK dari DPP Partai NasDem terkait pejabat Wakil Ketua DPRD Gunungkidul. DPD Partai NasDem Gunungkidul sendiri telah merekomendasikan 3 nama untuk dipilih. Ketiga nama tersebut adalah Suharno, Wulan Tustiana, dan Anton Supriyadi.

Dipaparkannya, sebenarnya Partai NasDem telah mendapatkan surat dari Ketua DPRD Gunungkidul sementara agar segera mengirimkan nama calon Wakil Ketua. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan lantaran belum adanya SK dari DPP.

“Kita masih menunggu keputusan dari DPP,” jelas Suparjo.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPD Partai Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho. Terkait dengan Wakil Ketua DPRD Gunungkidul dari Partai Golkar, pihaknya masih menunggu keputusan dari DPP.

“Belum, masih dirapatkan,” ujarnya singkat.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler