fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kasus Covid Harian di Gunungkidul Terus Tembus Angka di Atas 200

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kasus harian covid19 di Gunungkidul terus melambung. Seperti halnya pada Sabtu (26/06/2021) sore, Dinas Kesehatan merilis ada tambahan 253 orang yang dinyatakan positif corona. Selama 2 hari terakhir, angka corona selalu tembus diatas 200 kasus. Hal ini yang perlu segera dilakukan pengendalian oleh masyarakat dan pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, adanya tambahan 253 tersebut membuat kasus aktif di Gunungkidul mencapai 1.791 kasus. Dinas juga mencatat adanya 74 orang yang sembuh dan 7 pasien yang meninggal dalam sehari kemarin. Memang selama 1 bulan ini kasus covid19 di Gunungkidul kenaikannya cukup tajam, bahkan dua hari terakhir lebih dari 250 orang perhari dinyatakan terpapar virus ini.

Ada berbagai klaster yang terjadi di kalangan masyarakat. Bahkan tenaga medis di fasilitas kesehatan juga banyak yang bertumbangan lantaran ikut terpapar corona. Dicontohkan, di RSUD Wonosari puluhan tenaga kesehatan harus menjalani isolasi mandiri.

“Lebih dari 40 tenaga kesehatan di RSUD yang terpapar covid, ini membuat kami juga harus putar otak untuk mencari solusi,” kata Dewi.

Di sisi lain, bed di rumah sakit pun juga terus penuh. Namun demikian ia menyebut tempat tidur cukup fluktuatif.

“Jadi pagi penuh, siang ada yang kosong karena sudah sembuh tapi yang jelas 80-90% terpakai,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan, 121 tempat tidur disediakan Pemkab Gunungkidul. Jumlah tersebut terdpaat di 6 rumah sakit swasta dan 2 di rumah sakit pemerintah.

“Kami terus mengupayakan untuk penambahan tempat tidur,” jelasnya.

Di samping itu, ketersediaan oksigen sendiri terus diusahakan Dinas Kesehatan. Misalnya dengan berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan DIY untuk menghubungi supplier pengisian oksigen di Yogyakarta agar mempriortiaskan permintaan rumah sakit di Gunungkidul.

“Kami sangat terbantu dengan kemampuan RSUD Wonosari dalam pengolahan oksigen dari udara bebas,” kata dia.

“Patuhi protokol kesehatan, selain menggunakan masker kami sangat menghimbau pada masyarakat untuk tidak berkerumun,” tegas Dewi.

Sementara itu, Wabup Gunungkidul, Heri Susanto menekankan kepada masyarakat untuk selalu disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Ia memastikan pemerintah tengah bekerja keras untuk mengeluarkan kebijakan strategis dalam memerangi covid19.

“Covid19 benar adanya mari kita waspadai bersama dengan patuh protokol kesehatan,” tandas Heri.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler