fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Lebih Strategis, Pembangunan Pelabuhan Gesing Jadi Pintu Gerbang Kesejahteraan Nelayan

Diterbitkan

pada

BDG

Panggang,(Pidjar.com)–Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berencana membangun pelabuhan di kawasan Pantai Gesing, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Dengan adanya rencana pembangunan tersebut, diharapkan mampu mendongkrak potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Gunungkidul sehingga nantinya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai informasi, Pemerintah DIY memiliki program pembangunan pelabuhan di Pantai Gesing. Komunikasi dengan Pemkab Gunungkidul telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Dipilihnya pantai tersebut karena dianggap cocok dijadikan sebagai pelabuhan. Pasalnya pantai Gesing memiliki pemecah ombak alami.

Di sisi lain lokasi pantai ini juga sangat strategis berada di sisi selatan dan barat yang merupakan kawasan perbatasan. Sehingga nantinya pemasaran komoditas perikanan dapat meluas ke daerah lain. Pelabuhan yang dimaksud bukan sekedar pelabuhan darat saja, melainkan juga menunjang berbagai sektor lainnya yang memudahkan nelayan dan pengunjung.

Berita Lainnya  Hujan Diperkirakan Masih Akhir Oktober, Anggaran Dropping Air Hampir Habis

Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan pemerintah kabupaten Gunungkidul sangat mendukung program dari Pemerintah DIY itu. namun demikian, saat ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul belum mengikuti perkembangan pasti atas percana pembangunan pelabuhan tersebut.

“Karena itu merupakan program dari DKP DIY, jadi untuk progressnya bagaimana kami belum tahu,” ungkap Sri Suhartanta, Kamis (03/09/2020).

Saat ini, dari DKP DIY tengah melakukan penyususnan master plan dan DED mengenai pembangunan pelabuhan itu. kemudian nantinya akan disusul dengan pengurusan AMDAL dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Dari Pemkab Gunungkidul nanti menyesuaikan dengan arahan sebagaimana master plan yang disusun oleh DKP DIY,”paparnya.

Program ini menurutnya sejalan dengan pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah Gunungkidul. Dengan begitu, ada beragam potensi yang terangkat atas adanya pembangunan di wilayah selatan dan barat ini.

Berita Lainnya  Penolakan Raperda Pembentukan BUMKal Bersama, Paguyuban Lurah Sindir Asosiasi UPK

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto beberapa waktu lalu mengatakan Pantai Gesing akan lebih mudah diakses para nelayan dari pada di Pelabuhan Sadeng. Untuk warga di kawasan selatan dan barat lebih mudah untuk berbelanja alat tangkapan ikan nelayan. Selain itu jarak tempuh jauh lebih dekat dan dapat meningkatkan potensi di wilayah itu.

Ia mendukung penuh upaya pembangunan pelabuhan di Pantai Gesing. Ia berharap permasalahan nelayan tidak hanya pada fasilitas pelabuhan saja, namun juga pendukung lain.

“Perhatian dan pelatihan mengenai bantuan alat dan cara promosi harus dioptimalkan, sehingga potensi perikanan di Gunungkidul lebih meningkat kembali,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler