fbpx
Connect with us

Pariwisata

Libur Natal 2021, Pantai Gunungkidul Relatif “Sepi” Pengunjung

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Libur akhir pekan yang bertepatan dengan Natal 2021 kemarin diwarnai dengan relatif sepinya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Gunungkidul. Kunjungan pada tahun 2021 ini tidak seramai libur Natal tahun 2020 ataupun sebelumnya. Bahkan jika dibandingkan dengan akhir pekan sebelum masa libur Natal, jumlah kunjungan tahun ini juga masih kalah.

Sepinya tingkat kunjungan ini dimungkinkan lantaran wisatawan lebih memilih untuk liburan sebelum tanggal 25 dan 26 Desember 2021. Sebelum diberlakukannya kebijakan Natal dan Tahun Baru oleh pemerintah.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmoni mengungkapkan, kunjungan wisatawan pada tanggal 25 Desember 2021 adalah sebanyak 20.312 orang. Sedangkan pada hari Minggu 26 Desember 2021, sebanyak 28.013 orang. Jumlah ini menurut Hari cukup menurun jika dibandingkan dengan periode minggu sebelumnya. Tingkat kunjungan wisatawan sebanyak 17.075 pengunjung pada tanggal 18 Desember, dan melonjak hingga dua kali lipat pada Minggu 19 Desember 2021 yang mencapai sebanyak 34.599 orang.

Berita Lainnya  Ribuan Kaum Disabilitas di Gunungkidul Masih Belum Bisa Mandiri dan Sejahtera

“Mungkin mereka lebih memilih untuk liburan pada pekan sebelumnya, sebelum pemerintah memberlakukan kebijakan Natal dan Tahun Baru,” papar Harry Sukmono, Senin (27/12/2021).

Menurutnya selain kendaraan pribadi, wisatawan yang menggunakan bus pun juga mengalami penurunan. Tidak seperti pada libur hari besar di tahun-tahun sebelumnya di mana bus-bus pariwisata sangat banyak berlalu-lalang. Dimungkinkan wisatawan sudah mengantisipasi sejak awal jika akan diberlakukan PPKM Level 3 saat libur Nataru sehingga tidak merencanakan berlibur bersama rombongan.

Berkaitan dengan PAD dari sektor pariwisata, pada tahun 2021 ini pemerintah menargetkan pendapatan sebesar Rp 12 miliar. Di mana pada periode 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 pemerintah menargetkan 147.715 kunjungan dengan pendapatan sebesar Rp124.235.500. Sampai dengan sekarang, pemerintah telah mengumpulkan PAD sebesar Rp11.871.032.189,38 dengan angka pengunjung sebanyak 1.654.684 orang.

Berita Lainnya  Uji Coba Penerapan Protokol Covid19 Dimulai, Pemkab Tak Akan Buru-buru Buka Obyek Wisata

“Kita optimis target akan segera tercapai pada sisa masa libur akhir tahun ini, ” lanjutnya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul Sunu Handoko Bayu Sagara mengakui peningkatan kunjungan sejak sebelum libur Nataru. SAR di wilayah I sendiri mengampu 16 titik pantai. Personel sendiri disiagakan di 4 pos yaitu Sadeng, Jungwok, Wediombo, Siung. Pengawasan dan pemantauan dilakukan oleh petugas, kemudian untuk pantai lainnya juga tetap dilakukan monitoring.

“Untuk kondisi di pantai sendiri sepekan sebelum Nataru memang sudah ramai,” ujar dia.

“Selain menjaga kenyamanan dan keselamatan pengunjung, kami juga mempunyai tugas membagi personil untuk melakukan penertiban protokol kesehatan di area pantai. Jadi, bagi pengunjung yang berlalu lalang diharapkan selalu memakai masker, serta yg berinteraksi dengan pedagang atau masuk warung juga diharapkan untuk memakai masker dan cuci tangan ketika masuk warung,” ucap Sunu.

Berita Lainnya  Tiga Pasangan Independen Mendaftar, KPU Gunungkidul Berencana Tambah Anggaran

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler