fbpx
Connect with us

Pariwisata

Libur Pemilu dan Paskah, Pariwisata Gunungkidul Menggeliat

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Destinasi wisata air di Gunungkidul masih menjadi idola bagi kalangan wisatawan yang berkunjung ke bumi handayani. Pasalnya, di Gunungkidul sendiri memang terdapat segudang wisata air seperti pantai, air terjun, susur goa dan sungai yang ditawarkan dengan berbagai keindahan masing-masing. Berkunjung ke wisata air bisa menjadi salah satu pilihan menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga pada libur panjang yang jatuh pada akhir pekan ini.

Libur panjang seperti kali ini, sejumlah obyek wisata di Gunungkidul mulai terjadi peningkatan pengunjung dibandingkan dengan akhir pekan biasanya. Obyek wisata pantai masih mendominasi peningkatan wisatawan. Selain itu juga ada obyek wisata seperti Goa Pindul yang juga mengalami peningkatan pengunjung dibandingkan dengan hari biasanya.

Libur panjang seperti ini memang selalu dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Paling tidak untuk merefresh pikiran yang penat dengan rutinitas. Belum lagi beberapa hari lalu pesta demokrasi baru saja digelar. Sejumlah bahasan politik memadati media sosial hingga layar televisi yang mungkin semakin menambah beban stres.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan jika beberapa obyek wisata di Gunungkidul pada momen libur Pemilu dan Paskah ini memang terjadi peningkatan. Pengunjung yang masuk ke destinasi-destinasi wisata memang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa atau weekend biasanya.

“Ada peningkatan memang untuk di kawasan pantai dan Goa Pindul. Untuk jumlahnya masih belum termonitor, kalau di Goa Pindul kemarin lebih dari 2000 pengunjung masuk, masih dalam kategori aman kok,” terangnya, Sabtu (20/04/2019) siang.

Gunungkidul memang kaya akan destinasi yang dimiliki. Mulai dari wisata pantai, edukasi, wisata alam dan wisata buatan. Dari pemerintah sendiri terus berusaha mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga bumi handayani dapat menjadi daerah tujuan wisata yang memiliki daya tarik berbeda.

Berita Lainnya  Bendungan Beton Indah, Tempat Wisata yang Pas Untuk Mengisi Liburan

Salah satu pantai yang saat ini ramai dikunjungi adalah pantai Slili yang berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Pantai mungil ini memang cukup terkenal di Gunungkidul sejak beberapa waktu silam. Dengan segala keindahannya, Pantai Slili memang layak untuk menjadi salah satu obyek wisata yang patut dikunjungi jika ingin mencari suasana yang tenang dengan nuasa berbeda. Pantai Slili berada hampir satu kawasan dengan pantai Krakal, pantai besar yang terus dikembangkan oleh pemerintah kabupaten.

Saat berkunjung ke pantai Slili ini memang agak berbeda, lebar pantai ini hanya sekitar 100 meter saja. Pasir putih mesih mendominasi kawasan pantai selatan Gunungkidul. Di sisi timur pantai ini terdapat tebing yang menjulang tinggi. Yang cukup menarik, ombak di obyek wisata ini tidak terlalu besar namun pengunjung tetap harus waspada saat bermain air di bibir pantai.

Birunya air pantai ini cukup jernih, sehingga biota laut yang ada dapat terlihat jelas dari permukaan. Ditemani deburan ombak, pengunjung dapat merasakan ketenangan di pantai ini. Tak sedikit pengunjung yang betah saat berada di kawasan pantai Slili. Banyak pula yang mengatakan suasana di pantai ini layaknya berada di pulau Bali. Meski ramai pengunjung, namun suasananya tenang. Bangunan-bangunan warung makan, kamar mandi, hingga penginapan berjajar rapi dan dekat dengan bibir pantai.

Berita Lainnya  Tahap Akhir Persiapan Penerapan e-Ticketing Retribusi Pantai Selatan

Jika lelah bermain air, di sepanjang tepian jalan sempit di pantai ini berdiri sejumlah gazebo untuk berteduh dan melakukan aktifitas lainnya. Tak perlu khawatir fasilitas di kawasan pantai ini cukup lengkap. Tempat ibadah, warung makan dan lainnya teramat dekat sehingga pengunjung tak perlu berjalan jauh. Bangunan satu dengan lainnya pun berdekatan.

“Asyik sih kalau berkunjung ke pantai Slili. Adem, nyaman dan tenang suasananya itu seperti di kota atau obyek wisata daerah lain,” terang salah seorang wisatawan dari Bantul, Angga Hanif, Sabtu (20/04/2019).

Bagi yang ingin bermalam di kawasan pantai ini juga tidak usah risau. Pasalnya tepat di tepi pantai berjajar sejumlah penginapan keluarga dengan harga yang terjangkau. Tidur dengan ditemani suara deburan ombak yang begitu dekat menjanjikan suasana yang cukup syahdu.

“Banyak juga yang sering camping di pantai ini. Cocok banget yang buat ngelepas penat dan ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler